RANCANGAN IMPLEMENTASI ANIMASI INTERAKTIF EDUKASI PENGENALAN SAMPAH BERDASARKAN JENISNYA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adi Nurseptaji
Rizki Tri Prasetio

Abstract

Saat ini ilmu pengetahuan tentang pentingnnya pengenalan limbah sampah sudah seharusnya diterapkan pada anak usia dini sehingga anak usia dini dapat mengetahui pengaruh yang akan dirasakan dari dampak penimbunan limbah sampah terhadap kesehatan dan juga dampak yang dapat dirasakan pada lingkungan. Penelitian ini bertujuan memberikan edukasi pembelajaran menggunakan aplikasi animasi interaktif yang lebih menarik sehingga tidak membosankan dalam hal memahami jenis sampah dan cara pengelolaanya. Metode pengembangan sistem waterfall tahapan pertama analisa kebutuhan untuk mendapatkan pemahaman seperti apa sistem yang akan dibutuhkan untuk user, desain sistem menggunakan storyboard untuk memberikan gambaran secara langsung tampilan animasi, implementasi dari desain menggunakan text editor adobe flash professional cs6, pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing menguji keseluruhan fungsional pada aplikasi yang telah dirancang, maintenance/pemeliharaan pada software/hardware untuk memastikan tidak terjadi error kecil yang mungkin saja bisa terjadi dan tidak terdeteksi sebelumnya. Rancangan aplikasi ini menghasilkan media pembelajaran animasi interaktif mampu meningkatan minat tentang edukasi pembelajaran limbah sampah berdasarkan jenisnya karena aplikasi yang dirancangan menampilkan animasi gambar dan juga suara yang dapat menarik pada saat proses pembelajaran edukasi limbah sampah, sehingga edukasi yang disampaikan tidak membosankan dapat meningkatan motivasi serta semangat dalam hal pemahaman limbah sampah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anggara, D. A., Harianto, W., & Aziz, A. (2021). Prototipe Desain User Interface Aplikasi Ibu Siaga Menggunakan Lean Ux. Kurawal-Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 4(1), 58-74.
Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210–221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599
Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
Meilano, R., & Damanik, F. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang dengan Metode Waterfall. Jurnal Elektronika Listrik dan Teknologi Informasi Terapan, 2(2), 30-34.
Rasyid & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 148, 148–162.
Regina, F. R. E. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Mengenai Klasifikasi Dan Pengolahan Sampah Menurut Jenisnya Berbasis 2D. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(1), 485–498.
Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29. https://doi.org/10.21009/1.03104
Robby Andry, P. M. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Mengenal Komputer Berbasis Android Studi Pada Sdn 01 Tegalgede. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 89–98.
Rosmiati. (2021). Analisis Dan Pengujian Sistem Menggunakan Black Box Testing Equivalence Partitioning. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 3(2), 56–63.
Rustandi, R., & Mauliana, P. (2020). Media Pembelajaran Pengenalan Dan Pengelompokkan Hewan Berbasis Multimedia Interaktif Studi Pada Sdn 01 Tegalgede. EProsiding Sistem Informasi (POTENSI), 1(1), 52–59.
Setiawan Mardian D & Wiguna Wildan. (2020). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Mobile Menggunakan Unity Di Tk Ryadlol Hasanah. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 1(1), 208–217.
Walhidayat, W., Yuhelmi, Y., & Devega, M. (2019). Perancangan Animasi Robot 3D Sebagai Sarana Promosi. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 11(02), 103–111. https://doi.org/10.32767/jti.v11i02.667
Zaini, B., & Saputri, M. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD SAHABAT. Http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Pinter, 1(2), 90–100.