PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN WEB E-COMMERCE PADA CAFE FORESTHREE BOGOR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Cafe Foresthree Bogor merupakan salah satu cafe yang mempunyai konsep unik yaitu dengan nuansa hutan dan hidangan yang menyajikan menu sehat penjualan online sangat diperlukan untuk meningkatkan pelanggan dan memberikan informasi yang luas, karena dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2021-2022 terdapat 210,03 juta pengguna internet di dalam negeri. Jumlah data tersebut meningkat 6,78% dibandingkan pada periode sebelumnya yaitu sebesar 196,7 juta orang. Hal tersebut menjadikan tingkat penetrasi internet di Indonesia menjadi sebesar 77,02%. Penerapan E-commerce tentunya dapat mengubah kebiasaan pelanggan untuk berbelanja secara online. Hal tersebut menjadikan mudah dalam. Maka dibuatlah e-commerce untuk pengembangan cafe tersebut dengan menggunakan metode waterfall, serta bertujuan mempermudah pengolahan data penjualan, sehingga akan lebih mudah untuk memantau perkembangan penjualan tersebut, menyediakan pusat informasi penjualan yang sangat cepat, akurat dan tepat untuk memudahkan pelanggan mendapatkan informasi pada waktu yang dibutuhkan, meningkatkan promosi penjualan dengan waktu dan biaya yang efektif dan efisien, pelebaran jangkauan pasar yang luas dalam hal penjualan dapat membantu untuk peningkatan penghasilan cafe.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bayu, D. (2022). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022
Febriani, A., & Masripah, S. (2021). Sistem Informasi Penjualan Produk pada Usaha Percetakan Menggunakan Metode Waterfall. JAIS - Journal of Accounting Information System, 1(01), 14–19. https://doi.org/10.31294/jais.v1i01.877
Hartati, T., & Sintawati, I. D. (2020). Implementasi Metode Waterfall Pada Perancangan Aplikasi SIPSIBA Studi Kasus SMK Muhammadiyah 10 Jakarta. Remik, 5(1), 104–110. https://doi.org/10.33395/remik.v5i1.10711
Hazanah, E. K., Oktaviani, A., & Nurfalah, R. (2022). Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Devan Petshop. Jurnal Responsif : Riset Sains Dan Informatika, 4(2), 135–141. https://doi.org/10.51977/jti.v4i2.613
Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78
Melisa, M. (2017). ForesThree, Cafe dengan Suasana Hutan dan Menu Sehat di Bogor. Travelingyuk.Com. https://travelingyuk.com/cafe-foresthree-bogor/41887/
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Pemanfaatan e-learning berbasis google classroom sebagai media pembelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 800–816.
Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(3), 136–147. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Pattipeilohy, W. F., & Sanwani, S. (2019). Prototipe Sistem Crm Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode User Centered Design Dengan Codeigniter Framework. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 111–118. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.687
Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 556–561.
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Rifai, R., & Mailasari, M. (2020). Metode Waterfall pada Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan Pembelian Barang. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 394. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i3.6721
Saputri, M. E. (2020). Wawancara. 1–29.
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.