APLIKASI MONITORING DAN PENDATAAN JEMPUTAN BARANG DI PT.LEUWIGAJAH PAKET BERBASIS WEB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hari Heryadi
Erfian Junianto

Abstract

Ekspedisi merupakan bidang usaha yang banyak di butuhkan saat ini. Banyak perusahaan membutuhkan jasa ekspedisi khususnya untuk kegiatan logistik dan pendistribusian barang. PT. Leuwigajah Paket merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi pengiriman barang. PT. Leuwigajah Paket saat ini mengalami kesulitan dalam proses pendataan penjemputan barang dan proses monitoring karena belum memiliki sebuah sistem yang dapat memantau hasil pekerjaan petugas pendataan barang yang masuk maupun pendataan barang jemputan. Hal tersebut mengakitbatkan resiko kehilangan data yang sudah ditulis oleh petugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem pendataan penjemputan barang berbasis web agar meminimalisir kehilangan data penjemputan dan mengembangkan sistem monitoring hasil pekerjaan petugas. Hal tersebut memberikan informasi yang cepat dan tepat secara realtime. Konsep dari pembuatan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall. Dilakukan melalui lima tahapan yaitu: dimulai dari analisis data, desain, pembuatan, integrasi (pengujian), sampai dengan perawatan. Hasil penelitian berupa aplikasi berbasis web yang digunakan oleh manajemen dan petugas pendataan. Aplikasi terdiri dari menu monitoring dan menu pendataan penjemputan barang. Aplikasi monitoring dan pendataan jemputan barang di PT. Leuwigajah Paket berbasis web memudahkan petugas pendataan dalam mencari data yang dibutuhkan. Manajemen dan direksi lebih mudah dalam memonitoring hasil pekerjaan petugas dimanapun dan kapanpun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Aprisa, & Monalisa, S. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Inti Pratama Semesta). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(Vol. 1, No. 1, Februari 2015), 49–54. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/1305
Bayu, D. N. M. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Pengadaan Barang Atau Jasa Berbasis Website Dengan Metode Rational Unified Process (Rup) (Studi Kasus : Unit Bisnis Jasa O & M 2 Luar Jawa Pt Pjb Surabaya). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161745
Cahya, V. (2018). Sistem Informasi Manajemen Pada Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Berbasis Web 1. 4(2).
Karim, A. M., & Rini, Y. E. (2019). RANCANGAN PROGRAM SISTEM INFORMASI CARGO BERBASIS ( STUDI KASUS : PT ALMANA KARTIKA UTAMA JAKARTA ). 3(2), 78–81.
Muhamad, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. https://www.google.co.id/books/edition/Analisis_dan_Perancangan_Sistem_Informas/2SU3DgAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Najiyah, I., & Suharyanto. (2017). Sistem Informasi Wedding Planner Berbasis Web. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 79–86.
Palopak, Y., & Tobing, R. S. L. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Form Order Berbasis Web pada PT . United Trans Perkasa Designing Order Form Recording Web-based Information System at PT . United Trans Perkasa. 10(1), 49–58.
Prasetio, R. T., Mubarok, A., Ramdhani, Y., Junianto, E., Rismayadi, A. A., Anshori, I. F., Hidayatulloh, S., & Topiq, S. (2018). Upaya Peningkatan Produktivitas UMKM Melalui Implementasi ICT Pada Look At Hijab Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 104–111. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/3160/2004
Nurseptaji, A., & Ramdhani, Y. (2021). Sistem Informasi Perpustakaan dengan Implementasi Model Waterfall. INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), 13(1), 61-79.
Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika, 4(1).
Yosepha, S. N. (2015). Ekspedisi Barang Antar Pulau Pada PT . Bumi Indah Lines Di Surabaya. 3(2), 578–587.