Reservasi Destinasi Wisata Menggunakan Algolia Search Pada Bandung Trans Service Berbasis Web

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Amirul Mukminin
Rizal Rachman

Abstract

Perjalanan bisnis adalah salah satu bisnis jasa transportasi yang memiliki kelebihan seperti terjangkau, tepat waktu, nyaman dan ekonomis baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Bisnis di bidang perjalanan memiliki kecenderungan yang terus meningkat ini karena bidang bisnis perjalanan memberikan kenyamanan, terutama bagi pengguna jasa perjalanan. Saat ini persaingan di bidang bisnis semakin kompetitif, oleh karena itu setiap layanan perjalanan harus memiliki inovasi baru untuk dapat bersaing di dunia transportasi. Bandung Trans Service adalah perusahaan perjalanan dan layanan penyewaan mobil. Masalah yang ditemukan di Bandung Trans Service adalah kurangnya informasi yang diberikan kepada paket wisata pelanggan sehingga pelanggan harus datang langsung untuk melihat informasi paket wisata. Pelanggan juga mengalami kesulitan dalam menemukan tujuan wisata dan informasi tentang daftar harga paket wisata. Ditambah tidak tersedianya fitur pemesanan langsung di mana pelanggan dapat memesan dan melakukan pembayaran dalam satu transaksi. Maka penulis memberikan alternatif bentuk pencarian situs web dan pemesanan tujuan wisata untuk memberikan kemudahan kepada Layanan Trans Bandung dalam mengembangkan bisnis mereka, serta mempermudah pelanggan dalam mencari paket informasi informasi wisata. Model yang digunakan untuk pengembangan perangkat lunak adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah membangun situs web reservasi dan mencari tujuan wisata berdasarkan anggaran, mobil, dan tujuan menggunakan Algolia Search. Sehingga memudahkan pelanggan dalam mencari tujuan wisata, pemesanan dan pembayaranonline.

Kata kunci: Destinasi Wisata, Air Terjun, Situs Web.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ladjamudin, Bin Al-Bahra. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Manongga Danny, Samuel Papilaya dan Pandie Selfiana. 2009. Sistem Informasi Geografis Untuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang. Jurnal Informatika Vol. 10, No. 1, Mei 2009: 1 – 9

Prasetio, R. T., & Pratiwi, P. (2015). PENERAPAN TEKNIK BAGGING PADA ALGORITMA KLASIFIKASI UNTUK MENGATASI KETIDAKSEIMBANGAN KELAS DATASET MEDIS. Jurnal Informatika, 2(2).

Prasetio, R. T., & Riana, D. (2015, November). A comparison of classification methods in vertebral column disorder with the application of genetic algorithm and bagging. In 2015 4th international conference on instrumentation, communications, information technology, and biomedical engineering (ICICI-BME) (pp. 163-168). IEEE.

Prasetio, R. T., & Ripandi, E. (2019). Optimasi Klasifikasi Jenis Hutan Menggunakan Deep Learning Berbasis Optimize Selection. Jurnal Informatika, 6(1), 100-106.

Prasetio, R. T., Rismayadi, A. A., & Anshori, I. F. (2018). Implementasi Algoritma Genetika pada k-nearest neighbours untuk Klasifikasi Kerusakan Tulang Belakang. Jurnal Informatika, 5(2), 186-194.

Riana, D., Ramdhani, Y., Rizki, T. P., & Hidayanto, A. N. (2018). Improving Hierarchical Decision Approach for Single Image Classification of Pap Smear. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 8(6), 5415.

Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Ranius, A Yani. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Destinasi Wisata Unggulan Di Kota Palembang. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT) 2015.

Umar, Rusydi dan Hari Prabowo, P. 2016. Pencarian Dan Pemesanan Travel Berbasis Mobile dengan Google Maps API. Desember 2016, Vol 2 No. 1, ISBN: 979-587-626-0