SISTEM INFORMASI PEMESANAN ONLINE WASERDA PADA KOPERASI KOKASSYIFA SUKABUMI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Kokasyifa merupakan koperasi swasta yang dimotori oleh beberapa karyawan Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi. Koperasi ini memiliki mini market warung serba ada (WASERDA). Dalam proses transaksinya masih dilakukan secara manual sehingga proses transaksi pemesanan hanya dapat dilakukan ditempat. Hal ini cukup memakan waktu lama karena pembeli harus antri dengan pembeli lainnya ditambah lagi proses perhitungan total bayar berdasarkan jumlah barang yang dibeli berlangsung cukup lama. Sistem berbasis website dibangun dengan tujuan agar pembeli dapat melakukan pemesanan barang dimanapun dan kapanpun sehingga pembeli hanya cukup membayar barang yang sudah dipesan tanpa perlu memilih barang ditempat serta antri cukup lama karena barang yang dipesan dapat langsung disiapkan oleh petugas di lapangan. Setiap pemesanan yang dilakukan terekap pada halaman tersebut sehingga anggota dapat memantau status pemesanan mereka. Semua pemesanan yang diajukan dapat dipantau secara menyeluruh oleh admin waserda. setiap admin memiliki hak akses penuh dalam mengelola pesanan. admin akan berkordinasi dengan petugas di lapangan untuk mempersiapkan setiap pemesanan barang yang telah dilakukan oleh anggota, jika terdapat informasi yang dirasa harus disampaikan terkait ketersediaan barang maupun hal lainnya admin akan menghubungi anggota melalui nomor whatsapp yang tercantum pada biodata anggota pemesan, selanjutnya pemesanan dapat diambil langsung oleh anggota atau dikirim menggunakan jasa kurir. Website kokasyifa dibangun menggunakan metode pengembangan system Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu Waterfall dan metode analisis PIECES yaitu kinerja (Performance), informasi (Information), ekonomi (Economic), kontrol (Control), efisiensi (Efficiency), dan pelayanan (Services) guna mengindentifikasi kelemahan sistem berjalan. Hasil penelitian ini terbukti website kokasyifa menjadi sistem yang baik dan berjalan sesuai harapan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arianti, T., Fa’izi, A., Adam, S., & Wulandari, M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Diagram Uml (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah Komputer …, 1(1), 19–25. https://journal.polita.ac.id/index.php/politati/article/view/110/88
Fahruliansyah, I., & Paryanti, A. B. (2023). Implementasi Metode Economic Order Quantity (Eoq) Dalam Sistem Pengendalian Inventory Di Pt Sinergi Kreasi Utama. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13, 47–58.
Gutama, A., Arwan, A., & Fanani, L. (2019). Pengembangan Kakas Bantu Pembangkitan Kasus Uji pada Model-Based Testing Berdasarkan Activity Diagram (Vol. 3, Issue 9).
Herdiyatmoko, H. F. (2022). Desain Sistem Backend Berbasis Rest Api Menggunakan Framework Laravel 7. Skanika, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.36080/skanika.v5i2.2947
Kustiawan, D., Cholifah, W. N., Destriana, R., & Heriyani, N. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Koperasi Menggunakan Metode Extreme Programming. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 12(1), 78–92.https://doi.org/10.34010/jati.v12i1.6756
Putra, B. J. M., Fu’adi, A., & Yuniarti, D. A. F. (2022). Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pariwisata Pacitan dengan UML dan ERD. Information System For Educators And Professionals : Journal of Information System, 7(1), 63. https://doi.org/10.51211/isbi.v7i1.1920
Sabdana, I. W. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (Sirs) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs). Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, 4(1).
Sakaria, S., & Diaz, C. I. A. (2022). Pendampingan pembuatan sistem informasi arus kas pada gkt antiokhia malang. Prosiding KOPEMAS ~, 3, 223–228.
Samala, A. D., & Fajri, B. R. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Sertifikat Berbasis Web Menggunakan Metode Pengembangan Waterfall. Jurnal Teknik Informatika, 13(2), 147–156. https://doi.org/10.15408/jti.v13i2.16470
Sari, E. P., Wahyuni, A., & Narti, N. (2019). Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 87–94. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5867
Susilawati, D., & Farlina, Y. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang Dengan Metode FIFO Berbasis Web. Justika, 02, 1-end.
Tarigan, M. M. (2021). Pengembangan Sistem Stock Opname Berbasis Mobile Application Using SDLC Methode. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.25047/jtit.v8i1.198
Tolong, A., As, H., & Rahayu, S. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinja Pada Koperasi Suka Damai. Jambura Economic Aducation Jurnal, 2(1), 25–33.
Voutama, A. (2022). Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 11(1), 102–111. https://doi.org/10.34010/komputika.v11i1.4677