Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal di Wilayah Kota Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rianty Buana Pertiwi
Yayu Rahayu

Abstract

Alas kaki sekarang ini sudah menjadi fashion item yang banyak dicari konsumen khususnya para wanita. Pada umumnya sebagian besar wanita memiliki alas kaki lebih dari dua pasang, hal ini dapat menjadi peluang bagi produsen yang bergerak di industri tersebut untuk meraih keuntungan yang besar. Pada periode lebaran tahun 2019 PT Multi Garmen Jaya mengalami penurunan penjualan untuk produk sandal wanita sebanyak tiga persen jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun 2018. Hal tersebut perlu segera diatasi agar penjualan dapat kembali meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh desain produk, kualitas produk dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif verifikatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa desain produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung, kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung, harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung. Secara simultan desain produk, kualitas produk dan harga kompetitif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sandal wanita merek Cardinal di wilayah kota Bandung.


Kata kunci: Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Keputusan Pembelian


 


ABSTRACT


Footwear is now a fashion item that is sought after by consumers, especially women. In general, most women have more than two pairs of footwear, this could be an opportunity for producers engaged in the industry to achieve large profits. In 2019 Lebaran period, PT Multi Garmen Jaya experienced a decline in sales of womens’s sandals product by three percent compared to 2018 Lebaran period. This needs to be addressed immediately so that sales can increase. The purpose of this research was to test the effect of product design, product quality and competitive prices on purchasing decisions on Cardinal women's sandals in the city of Bandung. Data analysis techniques using descriptive verification method. The results of the research indicate that product design has a significant influence on purchasing decisions for Cardinal brand women's sandals in the city of Bandung, product quality has a significant effect on purchasing decisions for Cardinal brand women's sandals in the city of Bandung, competitive prices have a significant effect on purchasing decisions for women sandals Cardinal brand in the city area of ​​Bandung. Simultaneously, product design, product quality and competitive prices together have a significant effect on purchasing decisions for Cardinal women's sandals in the city of Bandung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pertiwi , R. B., & Rahayu, Y. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sains Manajemen, 2(2). https://doi.org/10.51977/jsm.v2i2.318

References

Alamsyah, D. P. (2016). Pentingnya External Factors Untuk Keunggulan Bersaing Industri Energi Baru Terbarukan. Ecodemica, IV(1), 1–14.
Daniel Reven, A. T. F. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6 No.3, 1–13.
Erdalina, W. (2018). Pengaruh Produk, Harga Dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Citra Hand And Body Lotion Di Pariaman. Menara Ilmu, XII(9), 155–164.
Firmansyah, B., & Harti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Tulis Jetis Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 01(01), 1–9.
Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. JBMA, III(1), 62–70.
Perindustrian, K. (2019). Produksi Sepatu di Indonesia Urutan Keempat di Dunia. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/20540/Produksi-Sepatu-di-Indonesia-Urutan-Keempat-di-Dunia
Putriyandari, R., Yuliyana, W., & Rahayu, Y. S. (2018). Pemberdayaan Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meminimalisir Belanja Rumah Tangga Konsumen Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik. Abdimas BSI, 1(2), 268–280.
Sari, D. M. K. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Fino 125 Di Dealer Timbul Jaya Kediri. Simki-Economic, 01(03), 2–10.
Sejati, B. S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk. Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbuck. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5, 1–19.
Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.
Ulrich, K. T., & Eppinger, S. D. (2001). Perancangan dan Pengembangan Produk. (Edisi Pert). Jakarta: Salemba Teknika.
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), 103–116. https://doi.org/10.32493/sm.v1i1.2377
Wulandari, D. P. (2017). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tenun Ikat AAM Kodok Ngorek Putra, Bandar Kidul Kediri. Simki-Economic, 01(05), 1–16.