Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Make Up Room Guna Kenyamanan Tamu di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Dwi Handayani
Anjan Nurul Iman

Abstract

Hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran. Hotel memiliki beberapa departemen yang berperan sangat penting dalam operasionalnya serta memberikan pelayanan kepada tamu, salah satunya adalah Housekeeping Department merupakan salah satu bagian yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh area umum lainnya agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel. Housekeeping departemen sangat berperan penting dan merupakan ujung tombak dalam operasional suatu hotel, housekeeping sendiri memiliki beberapa section, salah satunya ialah room attendant, yakni petugas floor section yang menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan dan kelengkapan kamar-kamar tamu. Room attendant harus memiliki penampilan baik dan rapi meliputi tingkah laku kejujuran, sopan santun pada tamu, atasan maupun teman dilingkungan kerjanya. Seksi ini bertanggung jawab terhadap pemeliharaan kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan tamu di hotel, seorang room attedant dituntut untuk bisa melakukan make up room dengan baik, yakni menata kamar, merapihkan kamar, membersihkan kamar  agar tamu yang menginap dihotel merasa nyaman dan puas saat menginap saat menginap di hotel tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dwi Handayani, R., & Iman, A. N. (2021). Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Make Up Room Guna Kenyamanan Tamu di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 3(1), 38-42. https://doi.org/10.51977/jiip.v3i1.510

References

Nadhifa, B., Sharif, O. O., Manajemen, P., Telekomunikasi, B., & Ekonomi, F. (2019). Jumlah TPK Di DKI Jakarta Bulan Oktober. 3(1).
Rachman, M. T., Reinelda, B., Yunarni, T., & Dwiatma, T. (2019). Peran Dinas Pariwisata Dalam Tata Kelola Dan Promosi Kawasan Pariwisata ( Studi Kasus di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara ). 7(1), 81–93.
Taa, M., Widodo, H. P., & Tunggadewi, U. T. (2018). Strategi Public Relations Hotel Pelangi 1 Malang Untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung 7(3), 13-22.
Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2006). HouseKeeping Department.
Muskitta, C. J. R., Morasa, J., & Alexander, S. (2018). Analisis Penerapan Activity Based Management Untuk Meningkatkan Efisiensi Pada Hotel Gran Central Manado. Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi, 13(04), 4484–