Peranan Pramusaji Dalam Meningkatkan Pelayanan Demi Kepuasan Tamu di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel & Towers

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yuliana Pinaringsih Kristiutami
Vika Juniar Rahayu

Abstract

Restoran merupakan tempat yang menjual makanan dan minuman dengan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik yaitu pelayanan yang ramah tamah, cepat dan tepat. Penampilan dari seorang pramusaji dapat menarik perhatian dari para tamu sehingga tamu merasa nyaman selama berada di restoran. Peranan pramusaji dalam industri perhotelan sangat dibutuhkan demi kelancaran operasional restoran hotel. Di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel & Towers, pramusaji selain menjadi pelayan bagi tamu yang datang juga merupakan ambassador dalam memperkenalkan dan menjaga citra untuk Sheraton Bandung Hotel & Towers. Tujuan penelitian untuk mengetahui peranan pramusaji dalam pelayanan dan kendala serta solusi yang dihadapi pramusaji. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka sebagai pendukung penelitian. Hasil penelitian adalah pramusaji mempunyai peran penting dalam meningkatkan pelayanan demi kepuasan dan kenyamanan tamu hotel. Pramusaji dapat mengetahui apakah sudah memberikan pelayanan dengan maksimal atau belum melalui komentar tamu yang diberikan oleh tamu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kristiutami, Y. P., & Rahayu , V. J. (2020). Peranan Pramusaji Dalam Meningkatkan Pelayanan Demi Kepuasan Tamu di Feast Restaurant Sheraton Bandung Hotel & Towers. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(2), 63-71. https://doi.org/10.51977/jiip.v2i2.414

References

Adinegara, G. J., Yanti, N. K. P., & Astuti, N. M. E. O. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Tamu Terhadap Pelayanan Pramusaji Di Sunset Restaurant Pada Hotel Puri Raja Di Legian, Kuta - Bali. Universitas Dhyana Pura, 10(2), 12–21.

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Nuryanti, S. (2019). Service Excellence dan Servicescape: Faktor Dominan Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 44–52.

Audina, R. R. (2017). Strategi Pramusaji dalam Up Selling Beverages di Village Cafe untuk Meningkatkan Pendapatan Hotel Grand Lagoi Village Bintan.
Kasus, S., Pria, T., & Wanita, D. A. N. (2019). 1, 2 , 3. 1(2), 23–36.

Kepuasan, M., Di, T., Putih, P., & Di, C. (2009). Ayunda Dwi Kinanti: Sistem Pelayanan Pramusaji Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Bagian Restoran Demi.

Khatimah, H. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Christiana Okky Augusta Lovenia, XIII(September), i–36.

Mertayasa. (n.d.). Standar Operasional Prosedur pramusaji untuk meningkatkan kepuasan tamu di Saffron Restoran Four Points by Sheraton Hotel Bandung.

Normasari, S. (2013). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 6(2), 77767.

Prakoso, P. A., & Handoko, Y. (2020). TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA DEPARTEMEN FRONT OFFICE DI HOTEL BWALK, DAU, MALANG THE EFFECT OF WORK SYSTEMS AND SERVICE QUALITY TOWARD GUEST SATISFACTION AT FRONT OFFICE DEPARTMENT. 8, 260–269.

Susepti, A., Hamid, D., & Kusumawati, A. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS TAMU HOTEL (Studi tentang Persepsi Tamu Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(5), 27–36.

Arikunto. (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Marsum W. A (1994).Restourant dan Permasalahnya. Jakarta: Gramedia


Setiawati, Antari. (2009). Studi Kepuasan Pelanggan untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan. Semarang: Universitas Diponegoro

Cnbcindonesia.com (2019, 21 Agustus). Jokowi Mau Genjot Infrastruktur Indonesia, Buat Apa Sih? www.cnbcindonesia.com/news/20 190820153746- 4-93360/jokowi- mau-genjot-infrastruktur- pariwisata-buat-apa-sih

Jenishotel.info (2019, 9 Desember). Mengetahui Hubungan Industri Perhotelan dengan Pariwisata.https://jenishotel.info/h ubungan-industri-perhotelan- dengan-pariwisata

Kompas.com (2018, 2 Agustus). Marriott International Luncurkan Loyalty Club untuk 300 Hotel di 16 Negara.https://travel.kompas.com/ read/2018/08/02/162300927/marri ott-international puncurkan-loyalty-club-untuk- 300-hotel-di-16-negara

Marriott.com (2019, Desember 2019). Marriott International: Core Values&Heritage.
www.marriott.com/culture-and-values/member-core-values.mi

Marriott.com (2019, Desember 2019). Marriott Bonvoy: How to EnjoyMore Benefits.www.marriott.com/loyalt y/member-benefits.mi

Merdeka.com. (2016, 2 Juli). Sheraton Bandung Terima Certificate of Excellent dari TripAdvisor. https://merdeka.com/bandung/lapa k/sheraton- bandung-terima- certificate-of-excelent-dari- tripadvisor

Turboly.com (2016, Desember). Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan Melalui Loyalti Program. https://turboly.com/blog/2016/12/ Menjaga-Hubungan-Dengan Pelanggan-Melalui-Loyalty- Program