Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant di Hotel The Luxton Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Rifqi Nugraha
Ramdani Setiyariski

Abstract

ABSTRAK


Hotel merupakan salah satu industri penyedia jasa akomodasi yang sangat penting khususnya di bidang pariwisata. Dalam menjalankan operasionalnya, hotel tidak terlepas dari departemen-departemen dan section  yang ada di dalamnya, salah satunya Room Attendant.yang sangat berperan penting dalam pelayanan kebersihan, keindahan, kerapihan , dan kenyamanan kamar hotel agar tamu yang menginap merasa puas terhadap kualitas layanan hotel tersebut.Untuk mencapai tingkat kepuasan tamu yang optimal terhadap hotel maka seorang room attendant Harus Senantiasa bekerja sesuai prosedur dan standar yang ditetapkan oleh hotel Dan harus memahami tugas dan tanggung jawab. Dalam menyelesaikan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dilapangan.Tujuan penulisan yang dilakukan adalah untuk mengetahui penerapan Standard Operasional Procedure ( SOP ) Room Attendant , mengetahui Hambatan yang dihadapi Room Attendant, serta  untuk mengetahui solusi Room Attendant dalam mengatasi hambatan Saat membersihkan kamar di hotel the luxton bandung.


 ABSTRACT


Hotels are one of the most important accommodation service providers, especially in the tourism sector. In carrying out its operations, the hotel cannot be separated from the departments and sections in it, one of which is Room Attendant, which plays an important role in the cleanliness, beauty, tidiness, and comfort of hotel rooms so that guests who stay feel satisfied with the quality of the hotel's services. .To achieve the optimal level of guest satisfaction with the hotel then a room attendant Must always work according to the procedures and standards set by the hotel And must understand the duties and responsibilities. In completing this research, the author uses a qualitative descriptive research method, namely research that describes data information based on facts (facts) obtained in the field. Attendant, as well as to find out Room Attendant solutions in overcoming obstacles when cleaning rooms at the Luxton Bandung hotel.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nugraha, M. R., & Setiyariski, R. (2021). Tugas Dan Tanggung Jawab Room Attendant di Hotel The Luxton Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 3(2), 67-72. https://doi.org/10.51977/jiip.v3i2.630

References

Al Bataafi, W. H. S. (2006). Housekeeping Department Floor & Public Area. In Alfabeta. Alfabeta.
Fikri, M. (2020). Peranan Food And Beverage Service dalam memberikan pelayanan Terhadap Tamu Di Oasis Atjeh Bandung (Vol. 549).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. In PT Remaja Rosdakarya (Vol. 103). PT Remaja Rosdakarya.
Nana, & Sukmadinata, S. (2007). Metode penelitian pendidikan. In PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. In Ghalia Indonesia. Ghalia Indonesia.
Panggabean, R. P. (2009). PERANAN ROOM ATTENDANT DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN MELALUI ORIGIN EIGHT DI HOTEL NIKKO JAKARTA.
Perwani, yayuk sri. (2001). Teori dan Praktek Houskeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Purnama, R. G., & Haryanto, O. I. (2015). Tugas Room Attendant Dalam Menangani Complaint Tamu Deluxe. 1.
Putri, A. D. (2017). Penerapan Job Description Roomboy/Maid Dalam Make Up Room Di Hotel Selyca Mulia Samarinda.
Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. In Alfabeta. Alfabeta.