GAMBARAN PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH DI SALAH SATU PAUD DI KUNINGAN
Abstract
Dalam perkembangan terdapat tahapan yang harus dilalui anak untuk menuju dewasa. Periode penting dalam perkembangan anak adalah pada masa balita, termasuk masa anak pra sekolah. Masa pra sekolah merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan anak pra sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu PAUD di Kuningan. Sampel penelitian digunakan sebanyak 30 orang dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dalam penelitian ini analisa univariat yang digunakan untuk mengetahui gambaran responden diantaranya perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan anak prasekolah sebagian besar responden memiliki perkembangan anak normal sebanyak 23 orang (76,7%) dan sebagian kecil terdapat penyimpangan yaitu 7 orang (23,3%). Simpulan mayoritkas anak PAUD memeliki perkemabngan normal. Diharapkan diadakannya penyuluhan mengenai perkembangan anak.
Downloads
References
Adriana, Dian. (2013). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta : Salemba Medika
Agrina. (2015). Pengaruh Karakteristik Orang Tua dan Lingkungan Rumah Terhadap Perkembangan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap Pekanbaru. Tesis
Ambarwati, E. R., Yahya, A. P., & Sutanto, A. V. (2015). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang dengan Perkembangan Anak. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu
Amran, Yulia. (2012). Pengelolaan dan Analisis Data Statistik di Bidang Kesehatan. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta: Jakarta.
Ariani. Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. 27, No. 2, (Agustus 2012); Yulita, R. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Balita di Posyandu Sakura Ciputat Timur. Artikel Penelitian. Laboratorium Ilmu Kesehatan Anak Rumah Sakit Umum.
Azizah, Meilinda. (2019) “Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Se- Kelurahan Cinere-Depok”. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Bina Keluarga Balita dan Anak. (2015). Menjadi Orang Tua Hebat dalam Mengasuh Anak (Usia 0-6 tahun). Diakses pada tanggal 14 Maret 2020.
Bety, Septiari Bea. (2015). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta : Nuha Medika
Departemen Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
Djamarah, Syaiful Bahri. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta
Fatimah, L. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak. Jombang : Pelita
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI
Soetjingsih., Ranuh. (2015). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC
Subandi. (2015). Masa Perkembangan Anak. Jakarta : Salemba Humanika Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wiyani & Barnawi, (2015). Hubungan antara status gizi dan perawatan kesehatan dengan perkembangan motorik pada anak usia pra sekolah di TK ABA 3,6,7 & 8 Kota Samarinda. Artikel Penelitian
Wong, D.L, Hockenberry, M, et al. (2009). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Alih bahasa, Monica Ester; (6th.ed). volumen 2. Jakarta: EGC