GAMBARAN PEMERIKSAAN IVA TEST PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI SALAH SATU PUSKESMAS KOTA BANDUNG

  • Purwo Suwignjo
  • Sri Hayati Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Erna Irawan Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Delia Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Pemeriksaan IVA test, IVA test, WUS

Abstract

Angka kematian di Indonesia akibat kanker serviks masih cukup tinggi. Oleh sebab itu, dibutuhkan pencegahan kanker serviks dengan melalui Program deteksi dini kanker serviks salah satunya yaitu pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Penelitian ini dilakukan karena cakupan pemeriksaan IVA di Puskesmas masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemeriksaan IVA test pada wanita usia subur di Puskesmas Kota Bandung. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 270 orang, sampel semua wanita usia subur yang datang ke Puskesmas sebanyak dengan jumlah 94 responden. Tekning sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat menggunakan distribusi presentasi. Hasil penelitian menunjukan 69,1% sebagian besar responden tidak melakukan pemeriksaan IVA test dan 30,9% hampir separuhnya melakukan pemeriksaan IVA test. Mayoritas responden tidak melakukan IVA test. Penelitian selanjutnya diharapkan melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang berhubungan dan pemeriksaan IVA test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afwina, H. T. (2017). Gambaran Kepercayaan Kesehatan Wanita Usia Subur ( WUS ) Dalam Deteksi Dini Kanker Serviks Menggunakan Metode IVA di Wilayah Kerja Puskesmas Halmahera Kota Semarang. 1–166.
Andrijono. (2009). kanker serviks (2nd ed.). jakarta.
Citra, S. A., & Ismarwati, I. (2019). Hubungan Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Perilaku Wus (Wanita Usia Subur) Dalam Pemeriksaan Iva. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 4(2), 46. https://doi.org/10.31764/mj.v4i2.682
Dela, M. E. (2018). faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku wanita usia subur Jurnal Antara Kebidanan Juli-Agustus Tahun 2018 Pemeriksaan IVA Ya Tidak Jurnal Antara Kebidanan Juli-Agustus Tahun 2018. 1(4), 220–226.
Istiqomah, wahyuningsih risa, & Suparmi. (2018). Deteksi dini kanker leher rahim melalui pemeriksaan iva tes di puskesmas plupuh i sragen. 2(1).
Junaidi, I., & melissa, frisca. (2020). panduan lengkap kanker serviks. yogyakarta: rapha publising.
kementrian kesehatan Ri. (2018). kemenkes Ri data dan informasi profil kesehatan indonesia tahun 2018.
Rasyid, N., & Afni, N. (2017). faktor yang berhubngan dengan perilaku wus tentang deteksi dini kanker leher rahim metode iva. 7(1), 63–75.
sujiwati. (2019). evaluasi implementasi program deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA di Puskesmas Adimulyo Kabupaten Kebumen.
Published
2021-09-30
How to Cite
Suwignjo, P., Hayati, S., Irawan, E., & Delia. (2021). GAMBARAN PEMERIKSAAN IVA TEST PADA WANITA USIA SUBUR (WUS) DI SALAH SATU PUSKESMAS KOTA BANDUNG. Jurnal Keperawatan BSI, 9(2), 301-307. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/654

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>