ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PELAYANAN KANTOR KELURAHAN BERBASIS WEB
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penggunaan teknologi dalam bidang pemerintahan merupakan suatu keharusan yang harus dilaksanakan. Karena dengan penggunaan sebuah teknologi informasi ini dapat membantu pihak pemerintahan dalam meningkatkan efektifitas, efisiensi, serta penyampaian layananan. Sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 mengenai Desa/Kelurahan Pasal 86 ayat (3) menyatakan bahwa “Sitem Informasi desa/kelurahan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, maka dengan demikian diimplementasikanlah sebuah sistem informasi pelayanan kantor kelurahan berbasis web. Maka dilakukanlah analisis kepuasan pengguna terhadap implementasi sistem informasi layanan kelurahan berbasis web ini dengan meggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), dalam penelitian ini variabel yang digunakan yaitu variabel kegunaan persepsi, kemudahan penggunaan dan sikap terhadap pengguna. Hasil dari analisis kepuasan ini yaitu dapat diketahui bahwa pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 31,2%, pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 32,7% , dan pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 38,5%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arbiyah, N., Pertiwi, D. P., Dewi, L. A., & Vandari, N. A. (2019). Konstruksi Alat Ukur Consumer Satisfaction Pada Masyarakat Pengguna Layanan Kelurahan. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 143. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15137
Destiana, B. (2012). Analisis Penerimaan Pengguna Akhir Terhadap Penerapan Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di SMA N 1 Wonosari. 66, 37–39.
Hanggono, A. (2015). Analisis Atas Praktek Tam ( Technology Acceptance Model ) Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(1), 86245.
Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. 6(3), 2014.
Irawan, B., & Laksono, S. S. M. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Profesionalisme, Kinerja Pegawai Sebagai Upaya Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(16), 233–234.
Juliana, R. F., Renaldi, F., & Santikarama, I. (2019). Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Desa Cikande Jawa Barat. 38–44.
Karouw, S., Narasiang, B., & Litouw, J. (2019). Analisis Pengukuran Model Penerimaan Teknologi OpenSID di Area Rural dan Urban. CogITo Smart Journal, 5(2), 191. https://doi.org/10.31154/cogito.v5i2.175.191-202
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. IAIN Purwokerto, 2-10.
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26–31. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.1.26-31
Permana, P. A. (2018). Analisis Technology Acceptance Model ( TAM ) pada Sistem Informasi KIPEM ( Studi Kasus : Banjar Delodpasar , Desa Blahkiuh Bali ). Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 10(4), 28–37.
Sucipto, Efendi, M., R. Affandi, A., Tolle, H., & Pinandito, A. (2020). Analisis Penerimaan Aplikasi Tracking Kuliner Halal Oleh Wisatawan Di Kabupaten Malang. Jurnal Sosioteknologi, 18(3), 358–368.
Sulistyanto. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kantor Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri ). Jurnal Revitalisasi, 04(September), 80–88. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Supriyanta, & Masturah, I. (2019). Perancangan Sistem Informasi Jasa Katering Berbasis Website. 7(1), 9–15.
Wibiksana, I. G., Lestary, D., & Azmi, A. U. (2019). Implementasi Kebijakan Pelaksanaan E-Goverment Pada Desa Sayang Kabupaten Sumedang. 7.
Yudhanto, Y., Ardhi, O. D. W., & Purbayu, A. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Desa ( Simda ). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 1–6.
Yuliana, Y., Sanjaya, R., & Shobary, M. N. (2016). Analisis Kepuasan Pegawai Terhadap Layanan Unit Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Di Pt Kereta Api Indonesia (Persero). Jurnal Informatika, 3(2), 290–298. https://doi.org/10.31311/JI.V3I2.1191