PENERIMAAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN STUDI KASUS: CALON GURU DI INDONESIA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk menguji penerimaan calon guru terhadap penggunaan teknologi dalam pendidikan dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) sebagai pendekatan analisis. Ada Empat faktor TAM yaitu Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Persepsi Manfaat (Perceived usefulness), sikap terhadap penggunaan komputer (Attitude Toward Computer Use), dan niat untuk menggunakan (Intention to Use). Niat Perilaku digunakan sebagai faktor model evaluasi untuk mengukur penerimaan teknologi oleh calon guru dan total empat hipotesis diajukan. Sebuah kuesioner online dilakukan untuk mengekstraksi informasi dari calon guru di berbagai universitas di Indonesia dan total responden sebanyak 120 responden dikumpulkan. Hasil analisis menjelaskan bahwa penerimaan untuk penggunaan Teknologi dapat dijelaskan oleh faktor-faktor yang dievaluasi. Temuan kami menggambarkan bahwa dari empat hipotesis terdapat tiga hipotesis yang memiliki konstruk yang saling terkait (diterima) sedangkan satu hipotesis yaitu Persepsi Manfaat (Perceived usefulness) kepada sikap terhadap penggunaan komputer (Attitude Toward Computer Use) tidak saling terkait (ditolak). Untuk menjelaskan perilaku calon guru terhadap penggunaan teknologi dalam Pendidikan, sikap terhadap penggunaan komputer (Attitude Toward Computer Use) ditentukan sebagai faktor kunci.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ali, Z. (2016). Basic statistical tools in research and data analysis. (54), 662–669. https://doi.org/10.4103/0019-5049.190623
Aypay, A., Çelik, H. C., Aypay, A., & Sever, M. (2012). Technology acceptance in education: A study of pre-service teachers in Turkey. Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(4), 264–272.
Bühlmann, P., & Geer, S. Van De. (2018). Statistics for big data : A perspective Statistics for Big Data : A Perspective. Statistics and Probability Letters. https://doi.org/10.1016/j.spl.2018.02.016
Cascio, W. F., & Montealegre, R. (2016). How Technology Is Changing Work and Organizations. (March). https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-041015-062352
Davis, F. D. (1989). Delle vicende dell’agricoltura in Italia; studio e note di C. Bertagnolli. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology., 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008
Ghozali, I. (2012). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (3rd ed.). Retrieved from https://digilib.undip.ac.id/v2/2012/10/04/structural-equation-modeling-metode-alternatif-dengan-partial-least-square/
Gomez, L. E., Verdugo, M. A., & Arias, B. (2015). Research in Developmental Disabilities Validity and reliability of the INICO-FEAPS Scale : An assessment of quality of life for people with intellectual and developmental disabilities. Research in Developmental Disabilities, 36, 600–610. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2014.10.049
Gupta, C. Das. (2012). Role of ICT in Improving the Quality of School Education in Bihar.
Hartono, A. W.-S. N. D., & 2018, U. (2018). Pengaruh Computer Anxiety Dan Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Technostress Pada Karyawan Koperasi Di. Seminar.Umpo.Ac.Id, 34–57.
Hootman, R., Muñoz, A., & Civille, G. (2008). The Spectrum Descriptive Analysis Method. In Manual on Descriptive Analysis Testing for Sensory Evaluation. https://doi.org/10.1520/mnl10524m
Izdihar, R. P., Maryono, M., & Du, Y. L. (2017). Discriminant Validity Assessment : Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion Discriminant Validity Assessment : Use of Fornell & Larcker criterion versus HTMT Criterion.
Kapur, R. (2019). Use of ICT in Improving Quality of Education.
Kaur, N. (2015). Using ICT in Empowering Teachers for Quality Education. 14–15.
Kemendikbud. (2013). full-text.
Lemay, D. J., Morin, M. M., Bazelais, P., & Doleck, T. (2018). Modeling Students ’ Perceptions of Simulation-Based Learning Using the Technology Acceptance Model. Clinical Simulation in Nursing, 20, 28–37. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2018.04.004
Lin, S. C., Persada, S. F., & Nadlifatin, R. (2014). A study of student behavior in accepting the Blackboard Learning System: A Technology Acceptance Model (TAM) approach. Proceedings of the 2014 IEEE 18th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design, CSCWD 2014, 457–462. https://doi.org/10.1109/CSCWD.2014.6846888
Martin, W. B. (2000). Learning from the Colwell school: An ethnographic case study of an educational.
Ng, W. (2015). New Digital Technology in Education: Conceptualizing Professional Learning For Educators. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05822-1
Nugroho, M. A., & Fajar, M. A. (2018). ScienceDirect Effects of Technology Readiness Towards Acceptance of Mandatory Web-Based Attendance System. Procedia Computer Science, 124, 319–328. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.161
Plouffe, R. A., Paunonen, S. V, & Saklofske, D. H. (2017). Item properties and the convergent validity of personality assessment : A peer rating study ☆. Personality and Individual Differences, 111, 96–105. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.01.051
Rafiei, N., & Davari, F. (2015). The Role of Human Resources Management on Enhancing the Teaching Skills of Faculty Members. (December 2014), 35–38. https://doi.org/10.5455/msm.2014.27.35-38
Rezaei, S. (2015). Journal of Retailing and Consumer Services Segmenting consumer decision-making styles ( CDMS ) toward marketing practice : A partial least squares ( PLS ) path modeling approach. Journal of Retailing and Consumer Services, 22, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2014.09.001
Teo, T., Lee, C. B., Chai, C. S., & Wong, S. L. (2009). Assessing the intention to use technology among pre-service teachers in Singapore and Malaysia: A multigroup invariance analysis of the Technology Acceptance Model (TAM). Computers and Education, 53(3), 1000–1009. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.05.017
Teo, T., Milutinović, V., & Zhou, M. (2016). Modelling Serbian pre-service teachers’ attitudes towards computer use: A SEM and MIMIC approach. Computers and Education, 94, 77–88. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.022
Thompson, C. B. (2009). Descriptive Data Analysis. Air Medical Journal, 28(2), 56–59. https://doi.org/10.1016/j.amj.2008.12.001
Vet, H. C. W. De, Mokkink, L. B., Mosmuller, D. G., & Terwee, C. B. (2017). Spearman e Brown prophecy formula and Cronbach ’ s alpha : different faces of reliability and opportunities for new applications. Journal of Clinical Epidemiology, 85, 45–49. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2017.01.013
Wilson, R. (2018). REDUCING ECONOMIC INEQUALITY IN INDONESIA : ANALYSIS USING PANEL REDUCING ECONOMIC INEQUALITY IN INDONESIA : Fakultas Ekonomi , Universitas Kristen Indonesia. (July 2017). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18826.77764
Yang, J., & Lee, J. (2019). Application of Sensory Descriptive Analysis and Consumer Studies to Investigate Traditional and Authentic Foods : A Review. 1–17. https://doi.org/10.3390/foods8020054
Yang, Y., & Wang, X. (2019). Computers & Education Modeling the intention to use machine translation for student translators : An extension of Technology Acceptance Model. Computers & Education, 133(August 2018), 116–126. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.015