Optimalisasi Sosial Media Instagram dalam Menunjang Pemasaran Digital di Lokawisata Baturraden, Banyumas

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

R Fajar Widiarrachman
Rifki Rahmanda Putra
Fitra Ananta Sujawoto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial Instagram dalam mendukung pemasaran digital di Lokawisata Baturraden. Berdasarkan analisis, pengelolaan akun Instagram @lokawisata_baturraden belum maksimal sesuai dengan teori S.O.M.E oleh Regina Luttrell. Keterlibatan pengelola dalam membangun citra dan menginformasikan konten masih rendah, sementara optimasi konten tidak dilakukan secara efektif karena kurangnya pemahaman terhadap preferensi audiens. Selain itu, respons terhadap interaksi pengunjung juga belum optimal, dengan penggunaan alat pemantauan media sosial yang masih terbatas. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan dalam strategi keterlibatan, optimasi konten, serta respons cepat terhadap interaksi guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efektivitas pemasaran digital.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Widiarrachman, R. F., Rahmanda Putra, R., & Ananta Sujawoto, F. (2024). Optimalisasi Sosial Media Instagram dalam Menunjang Pemasaran Digital di Lokawisata Baturraden, Banyumas. Jurnal Kajian Pariwisata, 6(2). Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/1857

References

Atmoko, B. D. (2012). Instagram TV Handbook. Jakarta: Media Kita. Belch, G. E., & Belch, M. A. (2001). Introduction Ad and Promotion. An Integrated Marketing. McGraw Hill Company.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Diniati, A., Setyawan, K T., & Lestari, M T. (2023, July 1). Instagram Social Media as Peruri's Public Relations Strategy in Communicating with the Public., 8(1), 250-264. https://doi.org/10.25008/jkiski.v8i1.743
d’Istria, L. C. (2020). Sounding A2. Couturaud.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hendrayati, H., & Pamungkas, P P. (2020, January 1). Viral Marketing and E-Word of Mouth Communication in Social Media Marketing. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200131.010
Hermann, M., Pentek, T., & Otto, B. (2015). Design principles for Industrie 4.0 scenarios: a literature review. Technische Universität Dortmund, Dortmund, 45, 1–15.
Indrastuti, N S K. (2020, April 20). Pelatihan Penyusunan Wacana Persuasif dan Promotif Melalui Media Sosial untuk Branding Desa Wisata Kleco, Samigaluh, Kulon Progo. , 3(1), 41-41. https://doi.org/10.22146/bb.55499
Kaplan, A., & Haenlein, M. (2014). Collaborative projects (social media application): About Wikipedia, the free encyclopedia. Business Horizons, 57(5), 617–626.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing Management 13th Edition (13th editi). Pearson College Div.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. sage.
Luttrell, R. (2018). Social media: How to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield.
Macarthy, A. (2021). 500 social media marketing tips: essential advice, hints and strategy for business: facebook, twitter, pinterest, Google+, YouTube, instagram, LinkedIn, and mor.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Palapah, M A O. (2020, December 26). Instagram Activation as a part of University Public Relations Social Media Orchestration. Bandung Islamic University, 13(2), 217-232. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6618
Putri, K A W., & Sanjiwani, P K. (2022, December 31). Penggunaan Instagram sebagai Strategi dalam Menarik Minat Wisatawan saat Pandemi COVID-19 di Jakarta Aquarium, Indonesia. , 10(2), 180-180. https://doi.org/10.24843/jdepar.2022.v10.i02.p03
Qorib, F., Rinata, A R., & Fianto, L. (2021, December 3). Analisis Customer Engagement pada Akun Instagram @Oksigen_Cafe Menggunakan The Circular Model of Some. , 9(2), 183-183. https://doi.org/10.36080/ag.v9i2.1464
Rachmawaty, A. (2021, June 30). Strategi Marketing Menggunakan Instagram. , 7(1), 39-51. https://doi.org/10.38204/atrabis.v7i1.565
Schlechtendahl, J., Keinert, M., Kretschmer, F., Lechler, A., & Verl, A. (2015).
Making existing production systems Industry 4.0-ready: Holistic approach to the integration of existing production systems in Industry 4.0 environments. Production Engineering, 9(1), 143–148.
Sugiono(2019). (2021). Analisis Perubahan Hemodinamik. Skripsi STT Kedirgantaraan Yogyakarta, 34–50.
Sugiyono, A. G. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif Bandung: CV. Alfabeta.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam
pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.