Pengunjung “Semu” sebagai dampak dari Promosi Digital dan Implikasinya terhadap Minat Berkunjung Kembali

Main Article Content

Yosef Abdul Ghani
Faizal Hamzah
Desyca Bestari Maulisti
Sharon Rosie Shalomitha

Abstract





Pemasaran destinasi melalui media digital semakin banyak digunakan oleh destinasi-destinasi wisata di Indonesia, bahkan terbentuk pendapat bahwa “tempat wisata viral adalah suatu keberhasilan” namun temuan di lapangan tidak sedikit pengunjung yang datang ke destinasi bukan dikarenakan ia butuh untuk menikmati aktifitas berwisata, namun justru dikarenakan rasa keinginan untuk menjadi ikut dari ke-viralan destinasi tersebut, dan setelah masa viral di media sosial hilang, maka jumlah pengunjung ke destinasi pun turun dengan sendirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri gejala pengunjung semu dan menangkap hakikat realita gejala tersebut serta memberi kontribusi keilmuan terkait fenomena Pengunjung semu dan memberikan alternatif kebijakan pengembangan desa wisata dengan memperhatikan kecenderungan “pengunjung semu” ini. Hasil penelitian ditemukan bahwa promosi digital memang menjelaskan 53% Perilaku pengunjung semu, namun hal yang dihipotesiskan di awal bahwa pengunjung semu dimungkinkan berpengaruh negatif ditolak. Hasil menunjukan bahwa pengunjung semu tetap signifikan membentuk minat berkunjung kembali ke desa wisata khususnya para remaja usia 12-25 tahun.





Article Details

Section

Artikel

How to Cite

Pengunjung “Semu” sebagai dampak dari Promosi Digital dan Implikasinya terhadap Minat Berkunjung Kembali . (2024). Jurnal Kajian Pariwisata, 6(1), 11-26. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i1.1421

References

Adiyasa, ratna, & wirata, resta. (2019). Hubungan Persepsi, Motivasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Sikap Caring Perawat Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R.M Soedjarwadi Jawa Tengah 2018. Jurnal Kesehatan STIKES Bethesda, 6(2), 54-109. Retrieved from https://stikesbethesda.e-journal.id/JKSb/article/view/6

Astuti, R., & Lesmana, O. P. A. (2022). Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Mitra Medika Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 42-50. Retrieved from https://www.journals.stimsukmamedan.ac.id/index.php/ilman/article/view/36

Firdaus, M., Goib, A., & Febiana, C. (2021). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan Di Puskesmas Melong Asih. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1695-1704. https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.96

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Pedoman. Skripsi, Tesis, dan Instrumen. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

PPNI. (2017). Pedoman Perilaku Sebagai Penjabaran Kode Etik Keperawatan, Penyusun DPP PPNI.

Saryono dan Anggraeni, M.D. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatip dan Kuantitatip dalam Bidang Kesehatan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Supriadi, S. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja Perawat di Rumah Sakit Islam PDHI Yogyakarta. Health Sciences and Pharmacy Journal, 1(1), 30-37. Retrieved from https://journal.stikessuryaglobal.ac.id/index.php/hspj/article/view/4/3

Wijayanti, A. P., & Rudy, I. R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Daerah Soreang Kabupaten Bandung. INFOKES (Informasi Kesehatan), 3(1), 12-29. Retrieved from https://journal.piksi.ac.id/index.php/INFOKES/article/view/50

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.