Daya Tarik Wisata Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Suryana
Didin Syarifuddin
Musafa

Abstract





Daya tarik Wisata Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan,  Kabupaten Bandung menginformasikan indikasi Wisata desa yang semakin menunjukan daya tarik dan eksistensinya dengan berbagai keunikan dalam atmosfir budaya lokal dan suasana perkampungan yang kental dengan tradisi setempat, lingkungan yang dekat dengan pegunungan dan hutan sebagai sumber kesegaran dalam wisata desa. Desa Ciburial yang kini sudah resmi menjadi Desa Wisata di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung memiliki daya tarik tersebut. Dalam penjabaran menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan observasi yang dilaksanakan di lokasi menghasilkan berbagai temuan tentang tarik wisata sebagai potensi wisata desa yang dideskripsikan  dengan jelas, mengacu pada berbagai teori pariwisata dan penelitian sebelumnya yang menjadi sumber acuan utama dalam penulisan. Keramahan warga dalam keakraban dan kekeluargaan khas perkampungan Jawa Barat, air pegunungan yang bersih dan bening, kuliner lokal yang khas yang tersaji di berbagai warung, madu lebah yang diambil langsung dari sarangnya dan edukasi cara beternak lebah madu, bahkan untuk melakukan olahraga ringan di alam terbuka yang disertai tiupan angin sepoy-sepoy dan suara-suara marga satwa dan ternak warga menjadi hal-hal yang menonjol di aktifitas wisata desa di Desa Ciburial yang kini sudah menjadi magnet banyak wisatawan untuk berkunjung dan menikmati hal-hal yang alami di alam pedesaan yang kental dengan hawa pegunungan yang bersih dan hutan yang tentunya sangat layak dinikmati dalam wisata desa sebagai aktifitas liburan dan penyegaran dari kejenuhan keseharian.


 





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Suryana, Syarifuddin, D., & Musafa. (2022). Daya Tarik Wisata Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 4(2), 80-87. https://doi.org/10.51977/jiip.v4i2.843

References

Aronson, E., Wilson, T. D., Akert, R. M., & Sommers, S. R. (2016). Social Psychology (Ninth Edit). Pearson. https://doi.org/10.1109/JQE.2010.2089603
Baggio, Jacopo A and Baggio, R. (2020). Modelling and Simulations for Tourism and Hopitality: An Introduction. CHANNEL VIEW PUBLICATIONS. https://doi.org/DOI https://doi.org/10.21832/BAGGIO7420
Bazeley, P. A. T. (2013). Q ualitative data analysis.
Cooper, C., & Hall, C. M. (2018). Contemporary Tourism: An International Approach (First Edit). ELSEVIER.
Dawson, D. C. (2002). Practical Research Method: A user-friendly guide to mastering research. How to Books.
Echols, J. M., & Shadilly, H. (1992). Kamus_Inggris_Indonesia_An_English-Indonesian_Dictionary.pdf (J. U. Wolf & J. T. Collins (eds.)). PENERBIT PT GRAMEDIA.
Evans, N. (2015). Strategic management for tourism, hospitality and events, second edition. In Strategic Management for Tourism, Hospitality and Events, Second Edition (Second). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780203771495
Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D., & Wanhill, S. (2018). Tourism : Principles and Practice Sixth Edition (Sixth Edit). Pearson.
Hakim, L. (2020). COVID-19 and the Moment to Evaluate Tourism Euphoria , Indonesia. 8(2), 119–123. https://doi.org/10.21776/ub.jitode.2020.008.02.09
Hinch, T. and, & Higham, J. (2004). Sport Tourism Development. In Christ Cooper, M. Hall, & D. Timothy (Eds.), Sport Management Review (Vol. 15, Issue 3). CHANNEL VIEW PUBLICATIONS. https://doi.org/10.1016/j.smr.2012.02.007
Holloway, J. C., & Taylor, N. (2006). The Business of Tourism Seventh edition (Seventh Ed). Prentice Hall. FINANCIAL TIMES.
https://ciburial.desa.id/potensi-desa/. (n.d.).
httpskemenparekraf. (n.d.). 20 Juni 2022. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/siaran-pers-kemenparekraf-bekali-pelaku-parekraf-belitung-pelatihan-tour-leader
Long, J. (2007). Researching Leisure, Sport and Tourism: The Essential Guide. SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysisi: A Methods Sourcebook (Edition 3). SAGE Publication, Inc.
Newsome, D., Moore, S. A., & Dowling, R. K. (2013). NATURAL AREA TOURISM; Ecology, Impact and Mangement (2nd Editio). CHANNEL VIEW PUBLICATIONS.
Page, S. J. (2009). Tourism Management: Managing for Change (Third edit). Elsevier Ltd.
Page, S. J. (2019). TOURISM MANAGEMENT (6th Editio). Routledge Taylor & Francis Group. www.routledge.com/cw/page
Penyusun, T. (2008). KAMUS BAHASA INDONESIA. PUSAT BAHASA DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL.
Suksmawati, H., Rahmatin, L. S., & Firdaus, P. (2021). Recreation Opportunity Spectrum Analysis of Strategic Area Tourism Destination Pelang Region. E-Journal of Tourism, 8(2), 172. https://doi.org/10.24922/eot.v8i2.77562
Swarbrooke, J., & Horner, S. (2007). Consumer Behaviour in Tourism (Second Edi). ELSEVIER.
Syarifuddin, D., M. Noor, C., & Rohendi, A. (2017). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisaya. Abdimas, 1(1), 4–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
Walker, J. R. (2017). Introduction to Hospitality (SEVENTH ED). Pearson.
Weaver, D. (2006). Sustainable Tourism: Theory and Practice. ELSEVIER BUTTERWORTH HEINEMANN.
Williams, Stephen and Lew, A. A. (2015). TOURISM GEOGRAPHY: CRITICAL UNDERSTANDINGS OF PLACE, SPACE AND EXPERIENCE (Third edit). Routledge Taylor & Francis Group.