Ketertarikan Wisatawan Gen Z Terhadap Video Trendi Melalui Aplikasi Tiktok dalam Peningkatan Kunjungan Ke Bukit Trunyan, Bali

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gde Made Nugraha Regita
Nyoman Wibawa Saputra
I Dewa Gede Yodya Anggara Giri
Kadek Ayu Ekasani

Abstract

Pariwisata yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah Bali diantaranya adalah desa wisata. TikTok memanfaatkan algoritma yang canggih untuk menampilkan video yang disesuaikan dengan preferensi dan minat penggunanya, membuatnya sangat adiktif dan mampu mempertahankan engagement pengguna. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi ketertarikan wisatawan khususnya Gen Z dalam melakukan kunjungan wisata ke Bukit Trunyan. Jenis metode yang digunakan yaitu metode mixed method yang menggabungkan kuantitatif dan kualitatif untuk memahami fenomena secara komprehensif. Hasil penelitian yaitu generasi Z yang merupakan kelompok usia yang terbiasa dengan teknologi dan terkoneksi secara digital, menunjukkan ketertarikan yang signifikan terhadap Bukit Trunyan di Bali. Konten Viral secara statistik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan Minat Wisata ke Bukit Trunyan, sehingga hipotesis bahwa Konten Viral mempengaruhi minat wisata tersebut diterima.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Regita, G. M. N., Saputra, N. W., Giri, I. D. G. Y. A., & Ekasani, K. A. (2024). Ketertarikan Wisatawan Gen Z Terhadap Video Trendi Melalui Aplikasi Tiktok dalam Peningkatan Kunjungan Ke Bukit Trunyan, Bali . Jurnal Kajian Pariwisata, 6(2), 99-108. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i2.1794

References

Angelia, D. (10). Aplikasi Paling Banyak Diunduh 2021, TikTok dan Instagram Teratas.
Fahreza, G., & Caesariano, L. (2021). Minat Generasi Z Pada Eksplorasi Wisata Adventure
“Body Rafting” Sebagai Tujuan Wisata Petualangan Di Objek Wisata Citumang
Kabupaten Pangandaran. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(3):243-
251
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media
sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share Social Work
Journal, 10(2), 199-208.
Husna, A. H., & Mairita, D. (2024). Gen Z dan Perilaku Konsumsi Konten Influencer pada
TikTok. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 86-100.
Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi
Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah
Society, 1(1), 1–10.
Namira, A. A., Gunadi, I. M. A., & Nurhidayati, H. (2023). Mengenali Preferensi Minat
Berkunjung Wisatawan Perempuan: Pengaruh Konten Tiktok terhadap Minat
Berkunjung Wisatawan Perempuan ke Destinasi Wana Wisata Ranca Upas
Bandung. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 5(1), 1-7.
Pambudi, D. J. (2023). Efektivitas Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Pariwisata
Seloarjuno Campventure. Thesis.
Pardianti, M. S., Valiant, V., Sos, S., & Ikom, M. (2022). Pengelolaan Konten Tiktok
Sebagai Media Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2022(2).
Sanjaya, I. W. K., & Sudiarta, I. N. (2023). Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan
Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas Di Desa Langgahan, Kintamani. Tourism:
Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, And Mice, [S.L.], 6(1), 21-29
Santika, Erlina F. (2023). Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar TikTok, Usia Berapa
Mereka? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anakmuda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka. Diakses 20 Februari 2024
Sawitri, D. R. (2023). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan Dan Strategi Dalam
Mewujudkan Sdm Indonesia Yang Unggul. Semarang: Penerbit Fakultas Psikologi
UNDIP.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Susanto, D., Risnita, Jailani, M.S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam
Penelitian Ilmiah. Qosim Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora. 1 (1). 53-61.
Susanto, Graciella., Evelyn, Rachel., Leo, Deonvito., Felicio, Hubert. (2023). Pemanfaatan
Algoritma Tiktok Dan Instagram Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah
Wahana Pendidikan. 9 (22). 483-491.
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).
Https://Www.Researchgate.Net/Publication/323557072_Analisis_Data_Kualit
Atif_Model_Spradley_Etnografi. Diakses 18 Pebruari 2024