Ketertarikan Wisatawan Gen Z Terhadap Video Trendi Melalui Aplikasi Tiktok dalam Peningkatan Kunjungan Ke Bukit Trunyan, Bali

Main Article Content

Gde Made Nugraha Regita
Nyoman Wibawa Saputra
I Dewa Gede Yodya Anggara Giri
Kadek Ayu Ekasani

Abstract

Pariwisata yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah Bali diantaranya adalah desa wisata. TikTok memanfaatkan algoritma yang canggih untuk menampilkan video yang disesuaikan dengan preferensi dan minat penggunanya, membuatnya sangat adiktif dan mampu mempertahankan engagement pengguna. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi ketertarikan wisatawan khususnya Gen Z dalam melakukan kunjungan wisata ke Bukit Trunyan. Jenis metode yang digunakan yaitu metode mixed method yang menggabungkan kuantitatif dan kualitatif untuk memahami fenomena secara komprehensif. Hasil penelitian yaitu generasi Z yang merupakan kelompok usia yang terbiasa dengan teknologi dan terkoneksi secara digital, menunjukkan ketertarikan yang signifikan terhadap Bukit Trunyan di Bali. Konten Viral secara statistik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan Minat Wisata ke Bukit Trunyan, sehingga hipotesis bahwa Konten Viral mempengaruhi minat wisata tersebut diterima.

Article Details

Section

Artikel

How to Cite

Ketertarikan Wisatawan Gen Z Terhadap Video Trendi Melalui Aplikasi Tiktok dalam Peningkatan Kunjungan Ke Bukit Trunyan, Bali . (2024). Jurnal Kajian Pariwisata, 6(2), 99-108. https://doi.org/10.51977/jiip.v6i2.1794

References

Adhari, L. Z. (2021). Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust (T. Q. Media (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94

Anugrah, K., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi (N. F. Y. Misilu (ed.); 1st ed.). ideas Publishing.

Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20, 141–150. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i1.69

Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. Ekonomi, 03(01), 36–46.

Chandra, T., Chandra, S., & Hafni, L. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, dan Consumer Loyality: Tinjauan Teoritis (C. I. Gunawan (ed.); 1st ed.). CV IRDH.

Fauzyah, S. N., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Butik Amel Pondok Gede Kota Bekasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4(3), 181–189. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v4i2

Gandhy, K., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Shop San9a Galaxy. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(3), 42–49.

Hanila, S., & Hidayat, R. (2019). Hubungan Harga Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Pelanggan Pada Toko Perlengkapan Baju Sekolah Elis Kota Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.700

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen Studi terhadap Word of Mouth, Kualitas Layanan dan Citra Merek (A. Rozi (ed.); 1st ed.). Penerbit Bintang Sembilan Visitama.

Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce (1st ed.). Penerbit Mitra Abisatya Cetakan. http://repository.stieyapan.ac.id/id/eprint/78/3/.pdf

Marthalia, D., & Permana, A. K. W. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (Alfamart Talang Kelapa 2). EKOBIS Kajian Ekonomi Dan Bisnis, II(2), 16–29.

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli (2nd ed.). PT. Atalya Rileni Sudeco.

Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2020). Signifikansi Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel (1st ed.). Penerbit Adjie Media Nusantara.

Rifa’i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. In Zifatama publisher (1st ed.). Pustaka Ilmu Yogyakarta. http://digilib.iain-jember.ac.id/693/1/BUKU MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN OLEH Dr. KHAMDAN RIFA’I%2C SE.%2CM.Si.pdf

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati (ed.); 1st ed.). PENERBIT KBM INDONESIA.

Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Atmosphere Cafe Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 702–709

Sulistiyowati, W. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori dan Aplikasinya (S. B. Sartika & M. Multazam, Tanzil (eds.); 1st ed.). UMSIDA Press.

Usman, A., Ramlawati, & Serang, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah. 5(3), 226–240. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.346

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.