PENGARUH BEBAN KERJA DAN KEJENUHAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RSUD KOTA BANDUNG

  • Umi Khasanah Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Anggi Saputra Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Beban Kerja, Kejenuhan Kerja, Kinerja Perawat

Abstract

Perawat merupakan komponen penting dalam mewujudkan kualitas layanan kesehatan di rumah sakit. Beratnya pekerjaan dan tugas yang diemban oleh perawat baik secara fisik maupun mental dan juga bahaya yang dapat terjadi kapan saja menyebabkan perawat mudah mengalami kelelahan fisik (Burnout Syndrome) dan menimbulkan beban kerja yang berat.  Efek Kejenuhan Kerja pada perawat akan merasa stress yang berlebih dan ketidakpuasan yang bisa jadi berefek pada kinerjanya. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah menggunakan analititk kuantitatif dengan rancangan crosssectional. Hasil penelitian variabel beban kerja dan Kejenuhan Kerja terhadap kinerja perawat di RSUD Kota Bandung adalah beban kerja dan Kejenuhan Kerja secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat di RSUD Kota Bandung. Adapun hasil uji T (Parsial) variabel beban kerja terhadap kinerja menyatakan bahwa beban kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja perawat, artinya jika beban kerja rendah maka kinerja akan tinggi dan sebaliknya, Hasil Uji T pada variabel Kejenuhan Kerja juga didapatkan hasil bahwa Kejenuhan Kerja memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja. Disarankan kepada pihak manajemen Rumah Sakit untuk mengkaji lebih lanjut tentang sub variabel mana saja yang berpengaruh paling besar terhadap kinerja, sehingga hasil evaluasi bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan peningkatan kinerja. Peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2011). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiono & Pertami, S. B. (2016). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Bumi Medika.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ke empat. Jakarta: Balai Pustaka.

Hakim, A. R. (2010). Kreatif Dalam Organisasi (Studi pada Organisasi Kreatif). Semarang.

Haryanto, D. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Indyferyto Group Yogyakarta.

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Kartono, K. (2000). Hygiene Mental. Jakarta: CV. Mandar Maju.

Kiswanto. (2010). Kinerja Karyawan Kaltim Pos Samarinda. 6(1), 1429-1439.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Mnausia Perusahaan Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis (edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 26 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang No. 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan

Potu, A. (2013). Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan pada kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggo dan Maluku Utara di Manado. Jurnal EMBA, 1(1): 1208-1218.

Reddin. (2011). The 3-D Management Style Theory: a Typology Based On Task and Relationship Orientation. Training and Development Journal. April 2011. Hal 8-17. Rineka Cipta.

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rivai & Basri. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Simanjuntak. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simanjuntak, P. A. (2020). Pengaruh Etos Kerja, Kepuasan Kerja, Sikap Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia. Vol. 2 No. 1, Februari 2020.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuatitaif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Soegandhi, V. M., Sutanto, E. M., Setiawan, R. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizentship Behavior pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim.

Subakti, A. G. (2013). Pengaruh Motivasi, Kepuasan dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Café X Bogor. Vol. 4 No. 2: Binus Business Review.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi.

Published
2023-04-30
How to Cite
Khasanah, U., & Saputra, A. (2023). PENGARUH BEBAN KERJA DAN KEJENUHAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RSUD KOTA BANDUNG. Jurnal Keperawatan BSI, 11(1), 58-66. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/973

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>