GAMBARAN POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan anak sehingga peran ini dapat menentukkan bagaimana perkembangan anak berjalan baik atau tidak. Dalam perkembangan terdapat tahapan yang harus dilalui anak untuk menuju dewasa. Periode penting dalam perkembangan anak adalah pada masa balita, termasuk masa anak pra sekolah. Masa pra sekolah merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak pra sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RA Binaul Ummah Kuningan. Sampel penelitian digunakan sebanyak 30 orang dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dalam penelitian ini analisa univariat yang digunakan untuk mengetahui karakteristik responden diantaranya usia, pendidikan, pekerjaan dan lama interaksi responden dengan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan anak prasekolah sebagian besar responden memiliki perkembangan anak normal sebanyak 23 orang (76,7%) dengan pola asuh demokratis sebanyak 18 orang (60%), permisif 5 orang (16,7%) dan otoriter 7 orang (23,3%).
Downloads
References
Azizah, Meilinda. (2019) “Hubungan Pola Asuh Ibu Bekerja Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Se- Kelurahan Cinere-Depok”.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Bina Keluarga Balita dan Anak. (2015). Menjadi Orang Tua Hebat dalam Mengasuh Anak (Usia 0-6 tahun). Diakses pada tanggal 14 Maret 2020.
DeLaune, S. C., & Ladner, P. K. (2011). Nursing Fundamentals: Standards & Practice. Cengage Learning
Departemen Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Djamarah, Syaiful Bahri. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Mansur, A. R., & Andalas, U. (2019). Tumbuh kembang anak usia prasekolah.
Maryam, Siti. (2015). Promosi Kesehatan Dalam Pelayanan Kebidanan. Jakarta: EGC
Markham, L. (2019). Learn what your preschooler needs to thrive. Retrieved September 25, 2019, from https://www.ahaparenting. com/Ages- stages/preschoolers/wonder-years
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Septiari, Bety Bea. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua.Yogyakarta: Nuha Medika
Soetjiningsih., Ranuh. (2015). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Subandi. (2015). Masa Perkembangan Anak. Jakarta : Salemba Humanika
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Wiyani & Barnawi, (2015). Hubungan antara status gizi dan perawatan kesehatan dengan perkembangan motorik pada anak usia pra sekolah di TK ABA 3,6,7 & 8 Kota Samarinda. Artikel Penelitian
Yusuf, Syamsu. (2014). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya Program Studi Magister Manajemen Universitas BSI Bandung Lulus Tahun 2017