Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Bebas (Studi Kasus: Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung

  • Erna Irawan
  • Mery Tania Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Muhammad Zaenal Arifin Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Dukungan sosial, Remaja Andikpas, Tingkat Kecemasan Menjelang Bebas.

Abstract

Pada Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) yang akan bebas di lembaga pembinaan akan lebih rentan mengalami kecemasan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan adalah kurangnya dukungan sosial. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat kecemasan anak menjelang bebas di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Jenis penelitian ini deskriptif dengan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Anak didik pemasyarakatan dengan usia 12-18 tahun sesuai dengan UU No 12 tahun 1995 yang berjumlah 50 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah  teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data di analisa univariat menggunakan persentase dan analisa bivariat menggunakan rumus spearman. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden (56%) dukungan sosial sedang. Sementara itu sebagian besar responden (54%) tingkat kecemasan dalam kategori sedang. Hubungan dukungan sosial dengan tingkat kecemasan menjelang bebas dengan p-value 0,000 <0,05 yang artinya terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat kecemasan. Diharapkan kepada Andikpas untuk dapat memanfaatkan adanya dukungan sosial dari orang-orang di sekitar. Andikpas dapat melakukan penyesuaian diri melalui dukungan sosial yang diberikan dari keluarga, pegawai di Lembaga Pemasyarakatan, maupun teman-teman sesama narapidana. Sehingga setelah keluar dari penjara, narapidana diharapkan dapat bersosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, K. R. (2010). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Menghadapi Masa Pembebasan Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Anggraeni, M. D. (2009). Dukungan Sosial Yang Diterima Oleh Perempuan Yang Belum Berhasil Dalam Pengobatan Infertilitas. Jurnal Keperawatan Soedirman, 4(3), 94-101.

Astuti, S. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychological Well-Being Pada Caregiver Orang Dengan Gangguan Jiwa (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Balogun, A. (2014). Dispositional factors, perceived social support and happiness among prison in mates in nigeria : a new look. The Journal of Happiness and Well-Being, 2(1), 145-160

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127-133.

Budiarti, L. (2014). Hubungan ridha dengan kecemasan pada mahasiswa fakultas ushuluddin angkatan 2011 IAIN Walisongo Semarang (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Christina, T. (2014). Hubungan Peran Teman Sebaya dengan Kecemasan Remaja Putri pada Masa Pubertas dalam menghadapi Perubahan Fisik di SMP Swasta Betania Meda

Dalami, E. et al. (2009). Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Masalah Psikososial. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Delvinasari, D. (2015). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan siswa menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ditjenpas. (2015). Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM. Konferensi Lapas Anak Bandung Hasilkan Piagam Arcamanik. Diambil dari http://www.ditjenpas.go.id. _ (2015). Data narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Sistem Database Pemasyarakatan. Diambil dari http://www.smslap.ditjenpas.go.id.

Fahruliana, Rani. (2011). Pengaruh Pemberian Terapi Humor Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Narapidana Menjelang Masa Pembebasan Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas IIA.Malang : UIN. Gerdiansyah, G., (2019). Anak Jadi Pelaku Kriminalitas Trendnya Meningkat.

Hardiani, C.A. (2012).Kecemasan dalam menghadapi masa bebas pada narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. (Skripsi)Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hastuti, D., & HUSADA, S. K. (2015). Hubungan Pengetahuan Tentang Sectio Caesarea dengan Kecemasan Ibu Pre Operasi Di Ruang Catleya Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta. Skripsi S-1 keperawatan. Stikes Kusuma Husaada. Surakarta.

Jufri, E. A., & Anisariza, N. U. (2017). Pelaksanaan Asimilasi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Jakarta. ADIL: Jurnal Hukum, 8(1), 126.

Kaplan & Sadock. (2010). Sinopsis Psikiatri. Jilid 2. Tangerang. Binarupa Aksara.

Lubis, P. Y., Widianti, E., & Amrullah, A. A. (2014). Tingkat kecemasan orangtua dengan anak yang akan dioperasi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 2(3).

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi penelitian kesehatan (Cetakan VI). Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Nur, A. L., & Shanti, L.P. (2011). Kesepian Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan

Kedungpane Semarang Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Status Perkawinan. Jurnal Psikologi, 4(2), 67-79

Putri, D. E., & Erwina, I. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Tingkat Kecemasan Narapidanadi Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro padang Tahun 2014. NERS Jurnal Keperawatan, 10(2), 118. https://doi.org/10.25077/njk.10.2.118-135.2014

Ramadhani, P. E. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Lingkungan Psikososial Kerja Dengan Komitmen Organisasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ratna, W. (2010). Sosiologi dan antropologi kesehatan dalam perspektif ilmu kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Rihana

Salim, S. U., Komariah, M., & Fitria, N. (2016). Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Wbp Menjelang Bebas Di Lp Wanita Kelas Iia Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 4(1)

Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interaction 5th edition. New York, NY: John Willey & Sons, Inc.

Sasmita, S. H. (2017). Asimilasi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Mataram. Jurnal Jatiswara, 32(1).

Smet, B. (2014). Psikologi Kesehatan. Jakarta :PT Grasindo.

Siregar, K. (2008). Gambaran Konsep Diri Remaja Putri di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tanjung Gusta Medan. Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Taha, F. M. (2013). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Provinsi Gorontalo. Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan. Universitas Negeri Gorontalo.

Taylor, S. E. (2009). Health Psychology: Seventh Edition. New York: Mc Graw Hill

Utari, Fitria, Rafiyah (2012). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Warga Binaan Wanita Menjelang Bebas Di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas II A Bandung. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal%20/article/view%20File%20/777/823

Vellyana, D., Lestari, A., Rahmawati, A. (2017) Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada pasien preoperativedi rs mitra husada pringsewu. Jurnal Kesehatan: Volume VIII, Nomor 1, April 2017

Published
2020-04-30
How to Cite
Irawan, E., Tania, M., & Arifin, M. Z. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Bebas (Studi Kasus: Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1), 122-131. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/258

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>