HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULAR TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SDN 003 TEBING

  • Mery Tania Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Erna Irawan Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Suci Rahmah Yanti Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Penerimaan Sosial, Persepsi, Sekolah Inklusi

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan. Dalam pendidikan di Sekolah Inklusi Siswa berkebutuhan khusus satu kelas dengan siswa reguler normal, dan dapat diharapkan memahami, menghargai, dan menerima siswa ABK dengan segala perbedaan dan keterbatasannya. Ketika siswa ABK kurang diterima oleh teman-teman nya walaupun tidak membully namun cenderung tidak mengajak bermain dan belajar. Sehingga hal tersebut dapat terjadi persepsi yang negative kepada siswa ABK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan persepsi penerimaan sosial siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus. pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 221, sedangkan sampel yang digunakan ialah 160 siswa di kelas 4-6 SD N 003 tebing karimun. Tahap pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar online melalui akun media sosial menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan terdapat (66,9) yaitu 107 Responden memiliki persepsi tinggi, (59,4%) yaitu 95 responden memiliki penerimaan sosial tinggi , adanya hubungan yang signifikan antara persepsi dan penerimaan sosial dengan nilai sig (0,000) <0,05. Nilai Correlation Coefficient didapatkan +0.36 termasuk nilai Correlation Coefficient (0,26-0,50) maka korelasi antara persepsi dengan penerimaan sosial termasuk tingkat hubungan cukup kuat. . Maksudnya jika persepsi siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus positif maka penerimaan sosial akan tinggi. Dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung di Negara bahkan didunia yang menyebabkan peneliti tidak dapat bertatap muka langsung bersama responden. Oleh karena itu bagi peneliti selanjutya dapat melengkapi kekurangan yang ada dalam penelitian ini serta dapat meneliti lebih lanjut untuk faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi persepsi dan penerimaan sosial siswa regular terhadap siswa berkebutuhan khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianingsih. (2018). Hubungan Antara Keterampilan Komunikasi Dengan Penerimaan Sosial Dalam Ekstrakurikuler Pleton Inti Di Sma Negeri 1 Kalasan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arslan, E & Sahbaz, U. (2012). A study to develop a scale determining the social acceptance level of special-needs students, participacing in inclusion practice. Academic Journal Faculty of Education, 7(29), 651-662.

Haryono, S. E., Anggraini, H., &Budiarti,

M. (2019). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan Pendekatan Mindfulness Teaching. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan, 262– 266.

Kemendikbud, (2016). Modul bimbingan karir pendidikan inklusif. kemendikbud.

Leary, M.R. (2010).Affiliation, Acceptance, and Belonging. In S.T. Fiske, D.T. Gilbert & G.Lindzey (Eds.), Handbook of Social Psychology (5th Ed., Vol. 2, pp. 864-897). New York, NY: Wiley

Masturoh, I., & Nauri Anggita, T. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Repbulik Indonesia.

Nissa, K. (2018). Hubungan antara egosentrisme dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. 1–53.

Pratiwi, Ratih Putri dan Murtiningsih, Afin. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Setyawati. R. (2018). Pendidikan Inklusi: Penerimaan Siswa Terhadap Perilaku Sosial Dan Emosi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Smp Negeri 2 Sewon Dan Smp Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Di Kabupaten Bantul. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No.1,

Septi, W. (2018). Sikap Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Abk Di Kelas Atas Sekolah Dasar Inklusi 1 Ngulakan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Seolah Dasar Edisi 20 Tahun ke-72018

Setyabudi. (2019). Hubungan Persepsi Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

Sumanto. (2014). Teori dan aplikasi metode penelitian. Jakarta: PT. Buku Seru.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Utina, S.S. (2014). Pendidikan anak berkebutuhan khusus. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2, Pp. 72-78

Wiratsongko.B. (2016) Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus Di Sdn Inklusi Pulutan Wetan Ii. Universitas Negeri Yogyakarta

Published
2021-04-30
How to Cite
Tania, M., Irawan, E., & Yanti, S. R. (2021). HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULAR TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SDN 003 TEBING. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 82-90. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/569

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>