PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN UMUM BERBASIS MOBILE ANDROID MENGGUNAKAN DATABASE BACKENDLESS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Cecep Mulyana Dipraja

Abstract

Pemilihan umum (Pemilu) merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan suaranya dalam memilih wakil rakyat. Lebih lanjut pemilu merupakan bukti adanya upaya untuk mewujudkan demokrasi. Sistem electronic voting (e-voting) dapat dimanfaatkan untuk membantu mempercepat proses pemungutan dan perhitungan suara. Salah satu teknologi yang dapat di manfaatkan untuk proses e-voting adalah perangkat smartphone android. Tujuan dari penulisan adalah merancang sistem e-voting berbasis mobile, menggunakan bahasa pemograman Java pada Android Studio serta database backendless dalam pengelolaan otentifikasi hak akses peserta. Sistem e-voting dapat menjadi alternative pengganti sistem pemilu konvensional, sehingga dapat digunakan oleh KPU untuk mempercepat proses pemungutan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Ary, M. (2018). Pendekatan Teori Antrian Single Channel Single Phase Pada Pelayanan Administrasi. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(1), 21-27.

Firmansyah, R. (2017). Web Klarifikasi Berita Untuk Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax. Jurnal Informatika, 4(2).

Labolo, M., & Ilham, T. (2015). Partai Politik dan Sistem Pemilihan Umum di Indonesia. Rajawali Pers.

Shalahuddin, M. (2009). Pembuatan Model E-Voting Berbasis Web (Studi Kasus PEMILU Legislatif Dan Presiden Indonesia). Diambil dari: https://digilib. dinus. ac. id/2013/03/prosal-tesis7. pdf (25 Januari 2017).

Sulastri, & Zulita, L. N. (2015). E- Votting Pemilihan Walikota Bengkulu Di Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Kota Bengkulu. Jurnal Media Infotama, 11(2), 181–190. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/265