Membangun Mail Server Berbasis Linux Menggunakan Postfix Admin Di PT. Kemuning Televisi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ali Akbar Rismayadi
Salman Topiq
Rinto Nurtantho

Abstract

Abstrak
Prosedur pemulihan kata sandi akun e-mail Gmail dan Yahoo dianggap menyulitkan bagi karyawan Kemuning TV, dikarenakan tidak mencantumkan nomor telepon ataupun akun lainnya. Selain itu tidak adanya standarisasi penamaan akun karyawan membuat pertanyaan apakah benar akun yang bersangkutan merupakan karyawan perusahaan. Karena itu dibutuhkan mail server tersendiri untuk mengelola akun e-mail perusahaan. Dibuatlah mail server berbasis linux menggunakan postfix admin sebagai antarmuka web untuk pengelolaan akun. Mail server ini dibangun pada VPS linux ubuntu. Postfix dan dovecot adalah aplikasi open source yang penting dalam mengirim dan menerima e-mail. Kedua aplikasi tersebut mendukung TLS untuk mengenkripsi komunikasi e-mail dan dapat diintegrasikan dengan anti virus dan anti spam seperti ClamAV dan SpamAssassin. Antarmuka web postfix admin dan webmail telah didukung oleh HTTPS. Dengan mail server menggunakan postfix admin maka pengelolaan akun e-mail oleh staf IT menjadi sangat mudah. Karyawan pun tinggal membuka webmail ataupun aplikasi e-mail smartphone untuk menerima dan mengirim e-mail tanpa batasan waktu. Sistem corporate e-mail juga meningkatkan citra, legalitas, publisitas dan profesionalitas Kemuning TV bagi pemirsa, pemerintah daerah dan pelaku bisnis di Kabupatan Karawang.


Kata Kunci: E-mail, Mail Server, Postfix Admin, Squirrelmail

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Barovih, G. (2015). Analisis Perancangan dan Implementasi Mail System Pada PT. PLN (Persero) SBAM. Citec Journal, 2, 292–303.
Boltz, C. (2019). Postfix Admin. Retrieved August 19, 2019, from https://sourceforge.net/projects/postfixadmin/
Dasril, Laswi, A. S., & A, A. (2017). PERANCANGAN VIRTUAL PRIVATE SERVER MENGGUNAKAN PROXMOX PADA AMIK IBNU KHALDUN PALOPO. Prosiding SEMANTIK, 19–25.
Desmira, Sumarto, D., & Yuliani, R. (2017). Rancang Bangun Mail Server Berbasis Squirrelmail Menggunakan MTA (Mail Transfer Agent) Pada PT. Teras Inti Media. Jurnal Prosisko, 4(2), 55–59.
Kusmaya. (2016). Implementasi Mail Server Menggunakan Postfix. Jurnal Informasi, VIII(2), 49–69.
Stallings, W. (2016). Comprehensive Internet E-Mail Security. The Internet Protocol Journal, 19(3), 2–44. https://doi.org/10.1111/j.1468-2338.1995.tb00744.x
Sukaridhoto, S. (2014). Buku Jaringan Komputer I. Retrieved from http://dhoto.lecturer.pens.ac.id/publications/book/2014/Dhoto-JaringanKomputer1.pdf