Pengembangan Aplikasi Pembayaran Sumbangan Pengembangan Pendidikan Berbasis WEB

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ade Mubarok
Edi Purnomo
Chairil M Noor

Abstract

SMK Negeri 2 Ciamis adalah sekolah negeri yang ada di Kabupaten Ciamis dan menjadi salah satu SMK Negeri favorit di Kabupaten Ciamis. Sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik di kabupaten Ciamis memiliki fasilitas dan sarana pendidikan yang cukup lengkap yang sesuai dengan 8 standar pendidikan, tetapi di sekolah ini masih menggunakan sistem pembayaran SPP dengan cara dicatat pada buku pembayaran. Pada umumnya, sistem tersebut banyak memiliki kendala. Oleh karna itu, di butuhkan Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web di SMK Negeri 2 Ciamis. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pekerjaan yang di lakukan oleh petugas yang bersangkutan dalam pengelolahan data pembayaran SPP. Aplikasi berbasis web ini dikembangankan menggunakan metode pengerjaan waterfall dan bahasa pemrograman menggunakan PHP dan MySQL, serta untuk tampilan antarmuka menggunakan desain responsive dari Framework Bootstrap. Dengan dibuatnya aplikasi pembayaran SPP berbasis web ini diharapkan akan membantu pekerjaan petugas admin dalam melakukan proses pembayaran sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) di SMK Negeri 2 Ciamis dan juga menjadi lebih efektif dan efisien.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Arifard Watung, I., Paturusi, S. S., Sinsuw, A. S., & Najoan, X. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Data Alumni Fakultas Teknik Unsrat Berbasis Web. e-journal Teknik Elektro dan Komputer.

Abdulloh, R. (2016). Trik Mudah Membuat CMS Website Dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Agustin, P., Suryatiningsih, & Siswanto, B. (2016, Desember). Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Web Di SMA Negeri 5 Kota Cimahi. e-Proceeding of Applied Science, 2(3), 1062.

Alfarisyi, M., Rispianda, & Amila, K. (2014). Rancangan Sistem Informasi Layanan Alumni ITENAS Berbasis Web. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(132).

Enterpise, J. (2016). Pengenalan HTML dan CSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Hidayatullah, P., & Jauhari, K. (2014). Pemrograman WEB. Bandung: BI-Obses.

Hikmah, A. M., Supriadi, D. M., & Alawiyah, T. S. (2015). Cara Cepat Membangun Website Dari Nol Studi Kasus: Web Dealer motor. Yogyakarta: Andi.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Iryanti, D., & Fatkhiyah, E. (2015, 12). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Iuran SPP Siswa Pada SD IT AL- KHAIRAAT Menggunakan PHP Dan MySQL. Jurnal SCRIPT, 3(1).

melyulandari. (2015, 4 10). Pengertian browser. Diambil kembali dari melyulandari: https://melyulandari.wordpress.com/2015/04/10/pengertian-browser/

Mubarok, A., & Hadianti, S. (2016). Perancangan Program Transaksi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web. Jurnal Informatika, III(1).

Mubarok, A., & Kurniawan, M. C. (2015). Aplikasi Ujian Online Pada SMK Ma'arif Bandung Berbasis Web. Informatika, II(1).

Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Muslihudin, M., & Oktafianto. (2016). Analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan model terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi.

Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Rerung, R. (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Rosa A S, & M Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Sugiarti, Y., & Sulaeman, O. (2015). Perancang Bangun Knowledge Management System Bahan Ajar Online dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Mts Negeri 2 Pamulang. Jurnal Teknik Informatika, 8(2), 89.

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Warnars, S. (2014, 9). Perbandingan Penggunaan Database OLTP Dan Data Warehouse. Jurnal CCIT, 8(1).

Wikipedia Indonesia. (2018, 5 31). Protokol Transfer Hiperteks. Diambil kembali dari https://id.wikipedia.org: https://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Transfer_Hiperteks

Sri Dharwiyanti, Romi Satria Wahono, (23 juni 2015), “Pengantar Unified Modeling Language (UML)”, [online], 2003, Tersedia: http://rosnigj.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14321/10.+Unified+Modeling+Language.pdf.
Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Inplementasi. Bandung: Informaitika Bandung.