SISTEM INFORMASI MANAJEMEN WEDDING ORGANIZER TEMA ADAT SUNDA BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.51977/jti.v5i1.960Keywords:
Sistem Pre-Order, Jasa Wedding Organizer, Pemrograman Website, Framework LaravelAbstract
Resepsi pernikahan dengan tema adat telah difavoritkan oleh kalangan masyarkat di Indonesia. Pada pegelaran acara pernikahan adat Sunda membutuhkan persiapan khusus dan bahkan sebagian keluarga lebih memilih pelayanan dari vendor yang menawarkan jasa Wedding Organizer (WO). IM Creative merupakan salah satu vendor yang menyediakan dan menjalankan bisnis pada jasa WO. Perusahaan tersebut berinisiatif dalam menyediakan promosi jasa pernikahan dengan tema adat Sunda. Pada kegiatan analisa yang telah dilakukan pada IM Creative ditemukan beberapa hambatan terkait dengan proses bisnisnya. Kurangnya informasi bagi pelanggan dapat menghambat proses transaksi pemesanan paket jasa WO yang sesuai dengan tema pernikahan maupun konsep dari pihak keluarga calon pengantin. Kendala tersebut membuat pihak vendor mengalami kesulitan dalam mengelola data paket jasa WO hingga memproses transaksi pre-order (PO). Persaingan usaha yang ketat membuat pihak IM Creative berupaya mencari inovasi dari produk jasa yang ditawarkannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun Sistem Informasi Manajemen (SIM) Wedding Organizer (WO) dengan tema adat Sunda berbasis website di IM Creative. Metode yang digunakan dalam membangun sistem yaitu model Agile Extreme Programming, sedangkan pemrograman website menggunakan framework Laravel dan basis data MySQL. Proses pengembangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer (SIM-WO) menghasilkan media informasi dan promosi bagi pelanggan, sehingga memudahkan proses transaksi pemesanan paket jasa WO sesuai dengan tema pernikahan adat Sunda yang dipilihnya. Pihak vendor pun dimudahkan dalam mengelola data paket jasa WO hingga memproses transaksi pre-order.
References
Af’idah, I., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. JM- TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 01(01), 12–19.
Dian, Rosbiah, I., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran Pendidikan di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–14.
Fradito, A., Suti’ah, & Muliyadi. (2020). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(2008), 12–22.
Haryanto, R., & Rozza, S. (2012). Pengembangan Strategi Pemasaran dan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 27–34.
Ilmiyah, S. M. (2017). Pengembangan Strategi Pemasaran Pendidikan di SMP Islam Ngadirejo Temanggung. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Kotler, P., & Amstrong. (2017). Manajemen Pemasaran. Indeks.
Margareta, R. T. E., Ismanto, B., & Sulasmono, B. S. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.
Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Journal of Management Review, 4(3), 543–548.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Gramedia Pustaka utama.
Suwarsono, M. (2013). Manajemen Strategi: Konsep dan Kasus. UPP AMP YKPN.
Turmudzi, I. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol., 2(2), 188–196.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
Usulan kebijakan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka Syarat yang dibutuhkan penulis adalah sebagai berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama secara bersamaan di bawah lisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0), yang mengizinkan orang lain untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi ini dalam bentuk atau format apa pun termasuk menyusun, memodifikasi, dan membuat turunan materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi dekaden publikasi jurnal (misalnya mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan mengakui publikasi aslinya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting artikel secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) seperti pada Garuda, Academia, researchgate atau repository lainnya sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif dan kutipan artikel yang diterbitkan lebih awal dan lebih maju (periksa: Efek Akses Terbuka)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.