PENERAPAN FRAMEWORK LARAVEL PADA APLIKASI HRIS (HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Ma’ruf Holid Junaedi
Sari Susanti
Ade Mubarok

Abstract

Sumber daya manusia merupakan sumber daya organisasi yang perlu dikelola dengan efisien dan efektif. Banyaknya informasi yang harus dikelola terkait sumber daya manusia memunculkan permasalahan tingkat kompleksitas yang tinggi. Pentingnya pengaturan sumber daya manusia yang sangat kompleks pada suatu perusahaan membuat perusahaan diharuskan membentuk sebuah divisi baru yaitu Human Resource Department atau Personalia. Tanpa sebuah aplikasi, bagian HRD mempunyai beberapa kesulitan berupa pengelompokkan data, penghitungan jumlah kehadiran, uang transport dan makan kemudian terakhir slip gaji karyawan dan pencetakkan laporan slip gaji. Untuk menangani permasalahan tersebut perlu diterapkan aplikasi Human Resources Information System (HRIS). Sebuah modul yang penting yang terdapat pada sistem ini adalah payroll atau pengajian. PT Octagon Studio Ltd merupakan startup asal Bandung, salah satu perusahaan yang sering kali mengalami masalah terkait pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang kurang baik. Selama ini proses perhitungan gaji yang dilakukan oleh sistem yang ada, masih tergolong belum efektif. Jadi proses perhitungan gaji dilakukan satu persatu tiap pegawai. Sehingga waktu yang diperlukan untuk melakukan perhitungan gaji membutuhkan waktu lama. Pada pengajuan cuti, masih dilakukan secara manual sehingga pengelolaannya belum optimal dan prosesnya cukup lambat. Selain itu sulitnya mendapatkan informasi seperti data kepegawaian dan jumlah cuti yang tersedia untuk masing-masing pegawai. Aplikasi HRIS ini dibuat menggunakan model waterfall yang mencakup: analisis, desain, pengkodean dan pengujian dengan mengunakan PHP Framework Laravel dan MySQL sebagai database. Terkait masalah tersebut diperlukan aplikasi HRIS yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam perhitungan gaji karyawan secara bersamaan dan pengelolaan data pegawai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Frangky, & Devitra, J. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengggajian Pada PT. Sumber Agrindo Sejahtera. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 185-190.
Jonni, M., & Husein, S. M. (2019). Perancangan Aplikasi Human Resource Information System Berbasis Website Pada PT. Super Tata Raya Steel. Jurnal Teknik, 5(2).
Luthfi, F. (2017). Penggunaan Framework Laravel Dalam Rancang Bangun Modul Back-End Artikel Website Bisnisbisnis. ID. Jurnal Informatika Sunan Kalijaga, 2, 34-41.
Mubarok, A., Riana, D., Sanjaya, R., Prasetio, R. T., Ramdhani, Y., Rismayadi, A. A., ... & Herliana, A. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Online di Mapolresta Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Muhammad H.F, & Niki P.S. (2018). Pengembangan Human Resource Information System untuk Optimalisasi Manajemen Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 1-12.
Susanti, S., Junianto, E., & Rachman, R. (2017). Implementasi Framework Laravel Pada Aplikasi Pengolah Nilai Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika, 4(1), 108-117.
Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping. Majalah Unikom, 14(1), 41–46.
Tjandra, S., & Tambunan, S. T. B. (2019). Perancangan Website Human Resource Administration. Journal of Information System, Graphics, Hospitality and Technology, 1(01), 9-14.
Welim, Y. Y., & Iqbal, M. (2017). Pemodelan sistem informasi administrasi human resource development pada pt. Srikandi multi rental. Prosiding SINTAK, 341-347