IMPLIKASI STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI SLOMO COFEE BANDUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Salah satu bisnis yang sedang merebak pesat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar termasuk salah satunya di kota Bandung saat ini adalah bisnis coffee shop. Coffee shop menjadi pilihan utama bagi para konsumen karena dapat menghadirkan berbagai macam minuman serta kenyamanan, mulai dari suasana yang ditawarkan, berbagai kebutuhan yang diinginkan dalam satu lokasi, fasilitas yang ditawarkan dari coffee shop tersebut, dan layanan yang dapat memuaskan konsumen hingga merchandise atau produk yang ditawarkan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Slomo Coffee baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden berdasarkan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere yang dilakukan berada dalam kategori baik, begitu juga dengan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berada dalam kategori baik. Store Atmosphere dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t menunjukan bahwa store atmosphere dan kualitas layanan memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Store atmpsphere dan kualitas pelayanan juga memiliki hubungan yang sangat kuat tehadap kepuasan konsumen
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Berman, Barry., Joel R. Evans. (2010). Retailing Management, 11 th edition, Boston: Pearson
Bharwana, T. K., Bashir, D. M., & Mohsin, M. (2013). Impact of Service Qua lity on Customers ’ Satisfaction : A Study from Service Sector especially Private Colleges of Faisalabad, Punjab, Pakistan. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(5), 1–7
Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15
Levy, M., & Weitz, B. A. (2012). Retailing Management Information Center.New York: McGraw Hill Higher Education.
Saputri, R. S. D. (2019). TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRAB SEMARANG. 10(1), 46–53.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta
Utami, Christina Whidya (2014). Manajemen Ritel; Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat
Wijaya, Tony. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks Kembangan