Dampak Perilaku Wisatawan Asing di Bali Dan Respon Sentimen Pengguna Twitter
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pariwisata di Pulau Bali mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari berbagai kalangan setelah berhasil mengembalikan tingkat kunjungan wisatawan pasca pandemic covid 19. Industri pariwisata yang sempat terganggu akibat minimnya mobilitas wisatawan sudah kembali menjalankan operasionalnya. Tetapi terdapat fenomena yang kurang menyenangkan dengan perilaku wisatawan mancanegara selama di kawasan pulau Bali yang menimbulkan keresahan masyarakat hingga diperbincangkan di media sosial khususnya twitter. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui respon sentimen masyarakat terhadap perilaku wisatawan mancanegara dan dampak pada aktivitas pariwisata di kawasan pulau Bali. Metode kualitatif deskriptif menjadi pilihan dalam penelitian ini dengan intepretasi netnografi dan dibantu oleh aplikasi analisis data NVivo. Data yang digunakan dalam penelitian sejumlah 2.263 cuitan dalam media sosial twitter dengan kata kunci turis asing bali. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat sentiment negatif dari masyarakat di media sosial twitter dengan munculnya berbagai kata yang menyudutkan wisatawan asing tersebut atas ulah perilaku yang tidak baik di kawasan pulau Bali. Hasil yang kedua terdapat dampak pada aktivitas pariwisata di pulau Bali dengan munculnya desakan dan aturan pembatasan bagi aktivitas wisatawan asing.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahuja, V., & Shakeel, M. (2017). Twitter Presence of Jet Airways-Deriving Customer Insights Using Netnography and Wordclouds. Procedia Computer Science, 122, 17–24. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.11.336
Alkatiri, A. B. M., Nadiah, Z., & Nasution, A. N. S. (2020). Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal Di Media Sosial Twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 19–26.
Assad Hidayat, M. M. M. Z. F. I. S. (2019). Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor dan Probabilistic Neural Network untuk Analisis Opini Masyarakat Terhadap Toko Online di Indonesia. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri.
BPS Bali. (2023). Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.
Damanik, J., Weber, & Helmut, F. (2006). Perencanaan Ekowisata: dari teori ke aplikasi. PUSPAR UGM & ANDI YOGYAKARTA.
Indartoyo, I. M., Kim, D. W., Purwanto, B. M., Gunawan, A., Riantini, R. E., & Gea, D. (2020). Netnography analysis of consumer sentiment towards panic buying in the early period of the COVID-19 virus spread. Proceedings of 2020 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2020, August, 626–631. https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211182
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (n.d.). Trend Industri Pariwisata 2021.
Nimesh, R., Veera Raghava, P., Prince Mary, S., & Bharathi, B. (2019). A Survey on Opinion Mining and Sentiment Analysis. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 590(1), 012003. https://doi.org/10.1088/1757-899X/590/1/012003
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Berskala Besar (PSBB), (2022).
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), (2020).
Phillips, M., & Lu, J. (2018). A quick look at NVivo. Journal of Electronic Resources Librarianship, 30(2), 104–106. https://doi.org/10.1080/1941126X.2018.1465535
Ramadhan, A. B., & Marsetyo, F. D. (2021). Media Sosial dan Connective Action : Studi Kasus Penggunaan Twitter sebagai Ruang Solidaritas s elama Pandemi COVID-19. 2(1), 1–13.
Schouten, K., & Frasincar, F. (2016). Survey on Aspect-Level Sentiment Analysis. IEEE Transactions on Knowledge and Data Engineering, 28(3), 813–830. https://doi.org/10.1109/TKDE.2015.2485209
WTTC. (2020). The future of travel & tourism in the wake of Covid-19. World Travel and Tourism Council (WTTC), September.