Social Media Marketing dan Brand Equity Terhadap Customer Response
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis memicu perusahaan untuk selalu cepat beradaptasi menghadapi perkembangan bisnis saat ini. Untuk menjadi pemenang, perusahaan harus dapat mengimplementasikan strategi yang tepat dalam menarik konsumen untuk pembelian produk dan jasa yang ditawarkan. Saat ini, internet berperan tidak hanya sebagai media dalam pencarian informasi, namun berperan sangat besar sebagai alat marketing. Pemasaran menggunakan internet sebagai alat dikenal dengan istilah internet marketing atau pemasaran digital (digital marketing). Ini merupakan salah satu strategi marketing yang menggunakan media social, dikenal dengan istilah social media marketing. Social media marketing activities mempermudah perusahaan memperkenalkan produk dan jasanya dengan lebih murah, dan dengan sosial media dapat menjangkau lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya implikasi social media marketing dan brand equity terhadap customer response pada instagram Shopee Indonesia. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 105 reponden dan menggunakan software SPSS 24. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa secara parsial social media marketing memiliki implikasi positif dan signifikan terhadap customer response, brand equity berimplikasi positif dan signifikan terhadap customer response. Sedangkan secara simultan, social media marketing dan brand equity secara bersama-sama berimplikasi signifikan terhadap customer response pada Instagram Shopee Indonesia.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azzahra, F. D., Suherman, & Rizan, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention serta dampaknya pada Purchase Decision: Studi pada pengguna layanan Online Food Delivery di Jakarta. 2(3), 6.
Chandra, A. C., & Mayangsari, I. D. (2022). Efektivitas Social Media Marketing Batik Kultur (@Batikkultur). e-Proceeding of Management :, 9(2), 986–991. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/104553/p engaruh-electronic-word-of-mouth-terhadap-keputusan- pembelian-studi-kasus-konsumen-go-jek-jakarta-dan- bandung-.html
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: Influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833–5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181
Maharani, A., Ardiansah, I., & Pujianto, T. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram melalui Dua Tahap Analisis pada Zanana dan Oifyoo. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(1), 47–54. https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i1.3216.47-54
Mulyawan, S. K. Z., & Suyanto, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Brand Equity dan Customer Response pada Instagram Shopee Indonesia. e-Proceeding of Management :, 5.https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/open/index.php/d ownload/flippingbook_url_download/eyJkb3dubG9hZCI6IjEiLCJkd24iOnsia25vd2xlZGdlX2l0ZW1faWQiOiIxODAxODMiLCJtZW1iZXJfaWQiOiIxMDU1NzkiLCJuYW1lIjoiMjIuMDUuMDU2X2p1cm5hbC5wZGYifSwicmVhZCI6ey Jrbm93bGVkZ2
Putri, R. A., & Devita, V. D. (2021). Report: Peta Persaingan E- commerce Q3 2021. iprice.co.id. https://iprice.co.id/trend/insights/report-peta-persaingan-e- commerce-q3-2021/
Seo, E., & Park, J. (2018). A study on the effects of social media marketing activities on brand equity and customer response in the airline industry. Journal of Air Transport Management,66(September 2017), 36–41. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.09.014
Solehudin, Z. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Customer Response melalui Mediasi