Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maya Retnasary
Sri Dewi Setiawati
Diny Fitriawati
Reddy Anggara

Abstract

ABSTRAK


Penggunaan media sosial sebagai strategi digital marketing saat ini sudah banyak digunakan. Tetapi dalam bidang pariwisata, penggunaan media sosial lebih banyak diginkaan oleh para influencer traveler dari pada pemerintah. Pemerintah selaku pihak yang bertanggung jawab dalam mempromosikan agenda wisata, sangat diperluakn keahlian dan pengelolan khusus dari media sosial. Sayangnya tidak banyak instansi pemerintah yang aktif mengelola media sosial dalam mempromosikan pariwisatanya. Salah satu pemerintah yang aktif mempromosikan pariwisata melalui media sosial adalah pemerintah kabupaten bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara pemerintah daerah dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai media promosi dari pariwisata daerah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan jika konten dari media sosial memiliki peran yang penting. Melalui akun instragram disparbudkab.bdg menghasilkan akun yang informatif dan persuasif. Hal tersebut tidak lepas dari proses pembentukan konten yang terorganisir dengan baik. Peran aktif pemerintah untuk melibatkan pihak yang ahli dibidang konten media sosial juga menjadi kunci kesuksesan akun disparbudkab.bdg dalam mengelola konten pariwisata di daeranya.


Kata Kunci : Konten Digital, Instagram, Pariwisata.


ABSTRACT


The use of social media as a digital marketing strategy is now widely used. But in the field of tourism, it is more widely used by influencer travelers than the government. As the party responsible for promoting the tourism agenda, the Goverment needs special expertise and management from social media. Unfortunately there are not many government agencies that actively manage social media in promoting tourism. One of the government that actively promote tourism through social media is the Bandung regency government. The purpose of this study is to explain how local governments optimize the use of social media as a promotional medium for tourism in the area. The research method used is descriptive qualitative. The results of this study explain if content from social media has an important role. Through the instragram account disparbudkab.bdg generates an informative and persuasive account. This is inseparable from the process of forming well-organized content. The active role of the government to involve those who are experts in the field of social media content is also a key to the success of the disparbudkab.bdg account in managing tourism content in its area.


Keywords: Digital Content, Instagram, Tourism.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Retnasary, M., Dewi Setiawati, S., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83. https://doi.org/10.51977/jiip.v1i1.130

References

Anang Sugeng, C. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683

Deden Acep Saefulloh, by, & Sri Darma, G. (2014). Jurnal Manajemen dan Bisnis Strategi Marketing Wisata Wedding Sebagai Destinasi Alternatif, 11(1). Retrieved from http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Hamzah, Y. I. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9. Retrieved from http://www.kemenpar.go.id/userfiles/JKI Vol_8 No_3 2013 -
Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia.pdf

Hanifah, R. D. (2019). The Influence of Instagram Travel Influencer on Visiting Decision of Tourist Destinations for Generation Y, (2018), 235–247. Retrieved from http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/Proceeding/article/download/1286/136

Langner, S., Hennigs, N., & Wiedmann, K.-P. (2013). Social persuasion: targetiLangner, S., Hennigs, N., & Wiedmann, K.-P. (2013). Social persuasion: targeting social identities through social influencers. Journal of Consumer Marketing, 30(1), 31–49. https://doi.org/10.1108/07363761311290821ng social identi. Journal of Consumer Marketing, 30(1), 31–49. https://doi.org/10.1108/07363761311290821

Messiaen, J. (2017). Influencer Marketing How the Popularity Threshold of Instagram, 2016–2017.

Morelli, S. A., Lieberman, M. D., Welborn, B. L., Dambacher, K., & Falk, E. B. (2013). Creating Buzz. Psychological Science, 24(7), 1234–1242. https://doi.org/10.1177/0956797612474670

Nidar, S. R., Sutisna, & Firmansyah, E. A. (2018). Kunjungan Wisatawan Dan Bisnis Kuliner Di Kota Bandung, 10(1), 7–17. Retrieved from http://ejournals.umn.ac.id/index.php/manajemen/article/view/793/708

Palka, W., Pousttchi, K., & Wiedemann, D. G. (2009). Mobile word-of-mouth - A grounded theory of mobile viral marketing. Journal of Information Technology, 24(2), 172–185. https://doi.org/10.1057/jit.2008.37

Perkasa, M., Hafiz, A., Atep, M., Wisatawan, S. W., Sumber, A., & Manfaat, P. K. (2017, January). Branding Kota New York Paling Populer di Instagram. Marketing.Co.Id, 1–9. Retrieved from https://marketeers.com/city-branding-sukses-kota-new-york-paling-populer-di-instagram/

Prakoso, A. A. (2015). Pengembangan Wisata Pedesaan Berbasis Budaya Yang Berkelanjutan Di Desa Wisata Srowolan, Sleman. Arsitektur Pariwisata, IX(2), 33–43. Retrieved from http://www.academia.edu/download/55862227/1._Pengembangan_Wisata_Pedesaaan_Berbasis_Budaya.pdf

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Putri, D. W. (2017). Analisis Strategi Perencanaan Pesan Pada Akun Instagram E-Commerce @thekufed, 9, 70–78.

Sri dewi Setiawati, Diny Fitriawati, M. R. Dan I. R. Y. (2019). Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Marketing. Syntax Literate, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Studi, P., Ilmukomunikasi, S., Surabaya, U., Aji, G. G., & Si, M. (n.d.). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata ( Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu ) Elok Mahardika Abstrak.

Syuderajat, F., & Puspitasari, K. (2017). Pengelolaan Media Sosial Oleh Unit Corporate Communication Pt Gmf Aeroasia. Komuniti, 9(2), 81–97.

Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,195-201