Peningkatan Kemampuan Pedagogik Guru Geografi Kabupaten Pamekasan Melalui Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adip Wahyudi
Ifan Deffinika
Tuti Mutia
Ahmad Mashafi
Agoes Soebijanto

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi diakui pentingnya dalam mengakomodasi beragam gaya belajar, kecepatan, dan kemampuan siswa. Dalam konteks geografi, pendekatan ini memungkinkan guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu, menciptakan lingkungan inklusif. Pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan materi kependudukan dan pembelajaran berdiferensiasi kepada guru-guru geografi di Kabupaten Pamekasan. Manfaat pelatihan pembelajaran berdiferensiasi, termasuk optimalisasi pembelajaran, peningkatan hasil belajar, pemberdayaan guru, dan penciptaan lingkungan inklusif. Referensi yang relevan mengenai diferensiasi pembelajaran juga disajikan sebagai dukungan. Materi kependudukan diberikan dalam rangka untuk memberikan informasi dan masalah-masalah kependudukan yang ada di Kabupaten Pamekasan agar menambah wawasan dan memberikan jalan kepada guru untuk turut berpartisipasi mensosialisasikan kepada siswa terkait dengan masalah penduduk di Kabupaten Pamekasan. Dengan menerapkan pelatihan ini, guru-guru di Kabupaten Pamekasan lebih siap menghadapi tantangan kelas yang beragam dan merancang pembelajaran yang efektif. Upaya tersebut memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan Geografi di wilayah Kabupaten Pamekasan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##