Pengembangan Pemasaran Madu Lebah Dengan Bauran Pemasaran 4P Di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rina Dwi Handayani
Dini Rahmawati

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan untuk berbagi pengetahuan kepada masyarakat. Lokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini berada di Desa Ciburial, Kampung Cikurutug, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, tepatnya di peternakan lebah madu. Di desa Cikurutug ini, sejumlah petani  berternak lebah yang menghasilkan madu lezat dan berkualitas. Selain dengan cara diternak, para petani juga biasa mengambil langsung lebah liar dari hutan. Madu-madu yang dihasilkan dikemas dalam botol berbagai ukuran. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan penjualan madu lebah yang diproduksi oleh petani lebah yang ada di Kampung Cikurutug. Hingga saat ini, penjualan madu lebah kebanyakan hanya dilakukan di lokasi Kampung Cikurutug,  jadi para konsumen sengaja datang ke Kampung Cikurutug untuk melihat proses berternak lebah dan sekaligus membeli madu dari hasil ternak lebah tersebut. Kondisi ini mengakibatkan jangkauan konsumen menjadi tidak terlalu luas. Dengan demikian, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memberikan rekomendasi agar dapat menjangkau pasar konsumen lebih luas lagi. Maka dari itu, rekomendasi yang diberikan ialah strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran (maketing mix), yang terdiri dari product, price, place dan promotion. Dengan adanya strategi pemasaran produk madu yang tepat, penetapan harga yang sesuai dengan kualitas produk, dan promosi yang tepat diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan konsumen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##