PENGALAMAN MASYARAKAT KOTA BANDUNG MELAKUKAN BELANJA PERSIAPAN LEBARAN DI TAHUN KEDUA PANDEMI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Febri Fitrianti Solehah
Dasrun Hidayat

Abstract

Penelitian ini fokus membahas mengenai pengalaman masyarakat kota Bandung melakukan belanja persiapan lebaran ditahun kedua pandemi dari perspektif kearifan lokal. Objek dalam penelitian yang akan dianalisis berupa pengalaman masyarakat yang masih melakukan belanja persiapan lebaran di tahun kedua pandemi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengonstruksi pengalaman masyarakat kota Bandung sehingga membangun konsensus bersama mengenai kebiasaan terkait belanja persiapan lebaran sebagai bentuk kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Perayaan Hari Raya Idul Fitri identik dengan melakukan persiapan belanja lebaran. Namun pada tahun ini masih sama seperti tahun kemarin dimana Indonesia khususnya masyarakat kota Bandung masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Akan tetapi pada kenyataannya masyarakat kota Bandung masih melakukan belanja persiapan lebaran. Masyarakat memiliki keyakinan serta motif tersendiri mengapa masih melakukan belanja persiapan lebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsensus yang dibangun oleh masyarakat kota Bandung membentuk proses pembentukan citra yang melibatkan empat komponen penting dalam diri seseorang individu menurut Walter Lippman meliputi: persepsi, kognisi, motivasi serta sikap. Hasil dari proses pembentukan citra pada penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat kota Bandung masih mempertahankan kearifan lokal belanja persiapan lebaran di tengah pandemi saat ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Fatimah, S. (2021). Abai Jaga Jarak, Pengunjung Padati Tempat Belanja di Bandung. Detik News. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5563049/abai-jaga-jarak-pengunjung-padati-tempat-belanja-di-bandung
Hidayat, D. dkk. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal pada unsur naratif dan sinematik film Jelita Sejuba. Unpad.
Mardiah, A. (2017). Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri di Kota Pekanbaru. Al-Iqtishad.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Kencana Prenada Media Group.
Purbatin, F. A. (2020). Perilaku Hedonis Dalam Perayaan Idul Fitri Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Pada Masyarakat Di Kecamatan Banyumas). IAIN Purwokerto.
Rahmawati, F Nurul. (2013). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Madura Berbasis Kearifan Lokal Madura. Jurnal Komunikasi, VII No. 1.
Saputro, A. (2013). Motivasi Masyarakat Muslim Indonesia dalam Berbelanja Pakaian, Kendaraan, Mebel dan Perhiasan Emas Menjelang Hari Raya Idul Fitri. Universitas Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Vikining Astuty, I. (2020). Studi Perbandingan Kepuasan Konsumen Berbasis Online dan Belanja Offline terhadap Loyalitas Konsumen. Economic Education And Entrepreneurship Journal.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>