PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TIKTOK SHOP

Authors

  • Euis Clodhia Rahmana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Dasrun Hidayat Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

Keywords:

Public Relations, Brand Awareness, TikTok, Hubungan Masyarakat, Kesadaran Merek

Abstract

Perkembangan teknologi, khususnya internet, telah membawa transformasi signifikan dalam dunia bisnis dan Public Relations. Media sosial, terutama TikTok, menjadi platform yang memainkan peran penting dalam komunikasi online dan pemasaran global. Penelitian ini mengeksplorasi peran Public Relations dalam meningkatkan brand awareness TikTok Shop, bagian integral dari ekosistem TikTok. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk memahami strategi komunikasi, kolaborasi dengan pengguna dan influencer, serta pemanfaatan fitur unik TikTok. Hasilnya menunjukkan bahwa PUBLIC RELATIONS memiliki peran sentral dalam membentuk citra positif, memperkenalkan produk, dan meningkatkan daya tarik TikTok Shop di media sosial TikTok.

References

Ahdiat, A. (2022). Promosi Jualan Online Yang Paling Banyak Diminati Konsumen Di Skala Global (Januari 2022). Retrieved From Katadata.Co.Id Website: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/02/07/5-Trik-Promosi-Jualan-Online-Yang-Paling-Diminati-Konsumen

Ariyanti, L., & Iriani, S. S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day ( Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur ). 1(5), 491–508.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2017). Advertising And Promotion (11th Ed.). Mcgrow-Hill Education.

Burhanudin, T. (2020). Survei Belanja Online Ramadan Dan Lebaran, E-Commerce Mana Paling Unggul? Retrieved From Marketing.Co.Id Website: Https://Marketing.Co.Id/Survei-Belanja-Online-Ramadan-Dan-Lebaran-E-Commerce-Mana-Paling-Unggul/

Catriana, E. (2021). Survei: 73 Persen Konsumen RI Menilai Belanja Online Lebih Mudah Dibandingkan Belanja Di Toko. Retrieved April 18, 2022, From Money.Kompas.Com Website: Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/12/06/180445726/Survei-73-Persen-Konsumen-Ri-Menilai-Belanja-Online-Lebih-Mudah-Dibandingkan

Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan , Electronic Word Of Mouth Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee. 17(02), 22–31.

Endarwati, O. (2022). Ekonomi Pulih, Pertumbuhan E-Commerce Tembus 40 Persen Di 2021. Retrieved From Idxchannel.Com Website: Https://Www.Idxchannel.Com/Economics/Ekonomi-Pulih-Pertumbuhan-E-Commerce-Tembus-40-Persen-Di-2021

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management Global Edition (15th Ed.). Https://Doi.Org/10.1080/08911760903022556

Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan. 10(1), 27–34. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.10.1.27-34

Lee, I. (2013). Trends In E-Business, E-Services, And E-Commerce: Impact Of Technology On Goods, Services, And Business Transactions. In Trends In E-Business, E-Services, And E-Commerce: Impact Of Technology On Goods, Services, And Business Transactions (1st Ed.). Https://Doi.Org/10.4018/978-1-4666-4510-3

Lidwina, A., & Bayu, D. J. (2021). Penggunaan E-Commerce Indonesia Tertinggi Di Dunia. Retrieved From Katadata.Co.Id Website: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/06/04/Penggunaan-E-Commerce-Indonesia-Tertinggi-Di-Dunia

Mihić, M., & Milaković, I. K. (2017). Examining Shopping Enjoyment: Personal Factors, Word Of Mouth And Moderating Effects Of Demographics. Economic Research-Ekonomska Istrazivanja , 30(1), 1300–1317. Https://Doi.Org/10.1080/1331677X.2017.1355255

Nuri, H. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Kenikmatan Berbelanja, Gaya Hidup Online Terhadap Impulsive Buying Masyarakat Muslim Millenial Hayatun. 19.

Purwaningsih, A. G., & Nurhadi. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Gender Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. 10(2), 159–167.

Putra, A. P., & Adam, M. (2020). Pengaruh Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Dengan Product Browsing Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Shopee Online Shop. Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 52–61.

Putra, M. R. M., Albant, M. A. K., Sari, L. N., & Sanjaya, V. (2020). Pengaruh Promosi , Fashion Involvement , Dan Shopping Life Style , Dan Impulse Buying Di E-Commerce Shopee. 03(02), 21–29.

Serliani, A., Nurdin, S., & Rahayu, Y. S. (2019). Pengaruh Fashion Involvement Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behaviour Pada Produk Sophie Paris. Jurnal Sains Manajemen, 1(1), 28–39. Retrieved From Www.Fe.Unisma.Ac.Id

Sukaatmadja, I. P. G. (2019). Peran Shopping Enjoyment Memediasi Pengaruh Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Perkembangan Bisnis Pada Era Globalisasi Ini Semakin Pesat . Banyak Pengusaha Membuka Bisnis. E-Jurnal Manajemen, 8(6), 3756–3783.

Tantomi, I. (2021). Bikin Riset Menarik, Snapcart 2021 Pilih E-Commerce Ini Jadi Yang Terbaik Di Indonesia. Retrieved From M.Fimela.Com Website: Https://M.Fimela.Com/Lifestyle/Read/4698504/Bikin-Riset-Menarik-Snapcart-2021-Pilih-E-Commerce-Ini-Jadi-Yang-Terbaik-Di-Indonesia

Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising Dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. 2(September), 29–37.

Ulya, F. N. (2021). Riset: Masyarakat Lebih Banyak Belanja Online Dibandingkan Offline. Retrieved From Money.Kompas.Com Website: Https://Money.Kompas.Com/Read/2021/10/22/211000926/Riset--Masyarakat-Lebih-Banyak-Belanja-Online-Dibanding-Offline

Wardah, N. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. 4, 121–132.

Wijaya, M. E. (2017). Pengaruh Hedonic Motive Dan Shopping Enjoyment Terhadap Impulse Buying Yang Dimediasi Oleh Browsing Pada Konsumen Belanja Online Di Yogyakarta. 14, 1–14.

Downloads

Published

2024-02-27

Most read articles by the same author(s)