TREIS COFFEE SHOP DALAM MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT DI MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anisa Nurul Hasanah
Dasrun Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program coffee sharing yang dilaksanakan antara treis coffee shop dan pelanggan agar terjalinnya customer engagement, treis coffee shop salah satu coffee shop dikota bandung yang menyediakan layanan, pembelajaran pengolahan kopi, produk seperti kopi bubuk, kopi siap saji hingga makanan ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study),  data bersumber dari wawancara melibatkan empat informan diantaranya satu owner dan tiga pelanggan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, data literature. dengan memakai teori interaksi simbolik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini Treis coffee shop  memberikan edukasi kepada pelanggan, tentang teknik-teknik pembuatan kopi dan ditinjau dengan teori interaksi simbolik serta 5 faktor customer engagement menurut Brodie et al yang memotivasi interaksi antara owner dan pelanggan yakni : learning, sharing, advocating, socializing, co-developing, dan keberlangsungan nya coffee sharing ini terlihat dari treis coffee shop yang mempersilahkan open bar pada pelanggan, hal ini terlihat bahwa peranan pelanggan sangatlah penting karena bisa meningkatkan loyal pelanggan, tapi juga agar tercipta nya customer engagement dan menjadikan ajang promosi pula bagi treis coffe shop.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Brodie et al. (2015). Customer Engagement : Contemporary Issues And Challenges Routledge.
Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan kartini kartono). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Elbadiansyah, U. (2014). Interaksionalisme Simbolik Dari Era Klasik Hingga Moderen. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Elly, Rasmikayati. (2020). Keragaan, Potensi, Dan Kendala Pada Usaha Kedai Kopi Di Jatinangor. Agribisnis Dan Teknologi, 26–45.
Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta.
Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mollen. (2010). Engagement,Telepresence, And Interactivity In Online Consumer Experience. Reconciling Scholastic And Managerial Perspectives. Journal Of Bussiness Research. (63), (9-10), 919-925.
Nugraheni, C Intan. (2012). Pengaruh Customer Engagement Melalui Media Sosial Terhadap Kepercayaan Merek (Studi Pada Facebook Sunsilk Indonesia) Universitas Indonesia. 3(4), 3301–3310.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Roderick J, B. (2011). Consumer Engagement In A Virtual Brand Community. An Exploratory Analysis.
Rohadian, S. dan Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram ( Studi kasus : online shop yang menjual produknya sendiri ). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 2(4), 179–186.
Safitri, Rohadian M. T. A. (2019). Customer Engagement Upaya Membangun Melalui Media Sosial Instagram. Of Enterpreneurship Management And Industry.
Siti, M. (2010). Psikologi Sosial Sebuah Pengentar. Malang: UIN Malang Press.
Wiranti, M., & Nugraha, H. (2016). Analisis Strategi Customer Engagement Terhadap Loyalitas Pada Pt. Nasmoco Magelang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 6(1), 322–331.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>