PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN Studi Kasus Pada RSUD Eko Maulana Ali Belitung Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tio Hara Sujarwanta
Erliany Syaodih
Agus Hadian Rahim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien melalui kuisioner di RSUD DR Eko Maulana Ali. Populasi penelitian ini meliputi karyawan RSUD DR Eko Maulana Ali sebanyak 129 orang serta pasien yang berobat di poli rawat jalan RSUD DR Eko Maulana Ali pada bulan september – oktober tahun 2022. sampel yang digunakan yaitu sebanyak 80 orang karyawan dan pasien dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak 80 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat analitik dengan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap Kualitas pelayanan RSUD DR Eko Maulana Ali , (2) Kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali, (3) kepuasan kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien RSUD DR Eko Maulana Ali.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sujarwanta , T. H., Syaodih , E., & Rahim , A. H. (2023). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN . Jurnal Manajemen Rumah Sakit, 1(2). Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/mmars/article/view/1573

References

Aditama, TY, 2004, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Edisi kedua, UI- Press, Jakarta.
As’ad, M. 1995. Psikologi Industri dan Sosial. Jakarta : Pustaka Jaya
Azwar, A. (1996). Pengantara Administrasi Kesehatan. Ciputat- Tanggerang 2010, Binarupa aksara publisher edisi ketiga.
Berkowitz E, 1992, Marketing, 3rd Edition, Richard Irwin Inc., Illionis. Dawud
Bulgarella, Caterina C. 2005. Employee Satisfaction & Customer Satisfaction : Is There a
Relationship?. White Paper Guide Star Research for Better Business Relationships.(Online)http://meetingmetrics.com/research_papers/whitepaper_cs_es_relationships.pdf. (Diakses 5 oktober 2022)
Bustani N, M., Ratu A, J & Saerang J, S, 2015, Analisis Lama Waktu Tunggu
Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi
Utara,” Journal e-Biomedik, vol. 3, No. 3 pp. 872-883
Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine, and Michael J. Wesson. Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill, 2011
Donni Junni Priansa 2014. Perencanaan & Pengembangan SDM, Bandung: Alfabeta
Hamdali, A. 2015. Psikologi Industri & Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Hasibuan, M. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu. 2003. Manajemen sumber daya Manusia, Jakarta. PT Bumi Askara.
Jewell, L. N. & Siegall, M., (1998). Psikologi Industri/Organisasi Modern:Psikologi Penerapan Untuk Memecahkan Berbagai Masalah Di Tempat Kerja, Perusahaan, Industri, Dan Organisasi, ed-2, hal 529. Jakarta: Arcan
Luthans, 2006 Luthans. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi
Nursalam (2016) yang mengutip pendapat Gibson Nursalam. 2016. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Noviyani , Warouw H, Palendeng H. Hubungan Kepuasan Kerja dengan Prestasi Kerja Perawat PNS di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tidore Kepulauan. Ejurnal Keperawatan (e-Kp). 2013 Agustus; 1(1)
Nursalam. 2016. Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Jacobalis, Samsi, 1990, Menjaga mutu Pelayanan Rumah Sakit (Quality Insurance), PERSI, P.T. Citra Windu Satria, Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI. (2014). Indonesia: Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Kementerian Kesehatan RI. (2012). “Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Rawat Inap.” Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.
Pascoe, G.R., 1983, Patient Satisfaction in Health Care a Literature Review And Analysis, Evaluation and Program Planning
Pohan, 2007) Pohan, Imbalo S., 2007, Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Cetakan 1, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta
Saleh, A. Ramly, M, Gani, MU, Suriyanti. (2016). Factors Affecting The Job Satisfaction And Performance of Nurses Private Hospitals Class B in Makassar. International Journal of Scientific & Technology Research 5 (10): 74-83.
Sinambela, L. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Soejadi, 1996, Pedoman Penilaian Kinerja Rumah Sakit Umum, Katiga Bina ,Jakarta
Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Suprihatiningsih S. Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2017 April; 6(1))
Supriyanto & Ernawaty (2010). “Pemasaran Industri Jasa Kesehatan.” Yogyakarta, Andi.
Sutrisno, H. E. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Suwardi dan Utomo, Joko, 2011, Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Setda Kabupaten Pati), Analisis Manajemen Vol. 5 No. 1 Juli 2011.
Suwardi, Utomo J. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Setda Kabupaten Pati). Analisis Manajemen, 5(1): 75-86.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomer 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wildan, A, A, H. & Alimul, A. (2008). "Dokumentasi Kebidanan. Jakarta, Salemba Medika.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>