HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-5 TAHUN) DI TK ISLAM TAMAN FIRDAUS

  • Maidartati Maidartati Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Mery Tania Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Anggi Alfiyatuz Zuhra Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Pola Asuh, Prasekolah, Temper Tantrum

Abstract

Temper tantrum adalah episode dari kemarahan dan frustasi yang ekstrim, yang tampak seperti kehilangan kendali seperti dicirikan perilaku menangis, berteriak, dan gerakan tubuh yang kasar atau agresif. Beberapa faktor penyebab temper tantrum diantaranya yaitu faktor fisiologis (seperti lelah, lapar, sakit), faktor psikologis (seperti anak merasa stress, gagal atau tidak aman), faktor orang tua (seperti pekerjaan, pola asuh, dan komunikasi), dan faktor lingkungan. Berbagai peneliti menyatakan bahwa pola asuh merupakan faktor yang paling banyak mempengaruhi temper tantrum. Faktor pola asuh orang tua  mempengaruh kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah (4-5 tahun) di TK Islam Taman Firdaus. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun di TK Islam Taman Firdaus berjumlah 40 responden. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 40 responden dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner. Teknik Analisa data Univariat menggunakan presentase dan bivariat menggunakan uji Chi-Square dengan hasil penelitian 40 responden menunjukan bahwa sebagian kecil yaitu pola asuh permisif (10%) dan hampir seluruhnya menggunakan pola asuh demokratis (90%). Angka kejadian temper tantrum pada anak sebagian besar yaitu temper tantrum rendah sebanyak 30 responden (75%), dan sebagian kecilnya yaitu temper tantrum sedang sebanyak 10 responden (25%). Hasil Analisa diperoleh p-value=0,224>α=0,05 artinya tidak ada hubungan pola asuh orang tua dengan temper tantrum anak usia (4-5 tahun) di TK Islam Taman Firdaus Kota Bandung. Simpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kejadian temper tantrum pada anak usia prasekolah (4-5 Tahun) di TK Islam Taman Firdaus Kota Bandung. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan meneliti faktor lain dari penyebab temper tantrum, dan menambah jumlah sampel yang lebih banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alini dan Jannah. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di Kelompok Bermain Permata.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriani,Hasyim, & Purba, (2011). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Tidak Aman (Unsafe Action) Di Bagian Pabrik Urea PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya.

Borba,M (2009). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta. Gramedia pustaka utama.

Fauziah, Y., Efendi, F., Pratiwi, I. N., & Aurizki, G. E. (2019). Parental Self-Efficacy on Temper Tantrum Frequency in Children. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(8), 2798-2802.

Fatkur (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Paud Pelangi Ii Desa Kepel Kec. Kare Kab. Madium.

Herlin. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Kartika IX-46 Makasar

Hurlock. E (2010). Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga.

Istiqomah. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Temper Tantrum Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di TK Al-Fasyah

Livia Eka Sumarwati Putri. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah.

Lusiana (2015). Perbedaan Risiko Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah Antara Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja Di Roudlotul Atfal MAN 2 Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Ramadia (2018), hubungan pola asuh orang tua dengan temper tantrum pada anak usia toddler di paud kota bukittinggi

Yiw’Wiyouf, Ismanto dan Babakal. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah Di TK Islamic Center Manado.

Sari, Rusana, Ariani (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh Dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Tenper Tantrum Anak Usia Prasekolah.

Santy, W. H., & Irtanti, T. A. (2017). Pola asuh orangtua mempengaruhi temper tantrum pada anak usia 2-4 tahun di PAUD Darun Najah Desa Gading, Jatirejo, Mojokerto. Jurnal Ilmiah Kesehatan,

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Putri (2019) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. J Chem Inf Model [Internet]. 2019;53(9):1689–99.

Wong, Donna L. (2015), Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, EGC, Jakarta

Published
2023-04-30
How to Cite
Maidartati, M., Tania, M., & Zuhra, A. A. (2023). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEJADIAN TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-5 TAHUN) DI TK ISLAM TAMAN FIRDAUS. Jurnal Keperawatan BSI, 11(1), 67-76. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/1266

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>