PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PLUTO AUTOCLEAN BANDUNG
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan. Loyalitas Pelanggan adalah sikap pelanggan yang mendukung secara lebih kepada sebuah merek yang telah dibandingkan dengan beberapa alternatif lain dan berlangganan ulang. Seorang pelanggan yang hendak melakukan pilihan maka ia harus memiliki pilihan alternatif salah satunya dengan melihat dimensi kualitas jasa pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen pengguna jasa Pluto Autoclean Bandung dan sampel diambil sebanyak 94 orang. Data dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran kuesioner yang semua pernyataannya valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan realiabilitas, analisis deskriftif dan analisis verifikatif dengan regresi linear sederhana,uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji homokedasitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa dimensi kualitas jasa pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan
Customer loyalty has an important role in a company. Customer Loyalty is the attitude of customers who support more to a brand that has been compared with several other alternatives and re-subscribe. A customer who wants to make a choice must have an alternative choice, one of which is by looking at the dimensions of service quality.This research aims to determine influence of the dimensions of service quality on customer loyalty. This research uses descriptive analysis.In this study, the population is consumers of Pluto Autoclean Bandung service users and the sample was taken as many as 94 people. The data in this study were taken through distributing questionnaires, all of which were valid and reliable. Data analysis techniques used validity and reliability tests, descriptive analysis and verification analysis with simple linear regression, classical assumption tests in the form of normality tests, homocedacity tests, and autocorrelation tests. The results of research using the t test show that the dimensions of service quality have a positive and significant effect on customer loyalty
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Andhini, A. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen pada E-Commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 11.
Rohaeni, H., & Rahayu, I. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada rumah sakit khusus gigi dan mulut kota bandung. Jurnal Administrasi Publik, 1.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL.
Yuliana, W., & Febriyani, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif terhadap Minat Beli Penumpang Bus Damri Unit Angkutan Kota Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen, 4, 4.