Aplikasi Corporate Identity Untuk Promosi Desain Bingkai Kopi Palasari Kabupaten Bandung
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “aplikasi corporate identity promosi desain Bingkai Kopi Palasari kabupaten bandung”. Adapun permasalahan yang dikaji adalah bagaimana merancang strategi kreatif dengan pendekatan melalui logo atau identitas perusahaan yang baru, yang bernuansakan rumahan . Kedai Bingkai Kopi Palasari ini terletak di Jl. Arcamanik Sindanglaya No.47 Kabupaten Bandung. Bingkai Kopi Palasari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner (coffee shop). Selama ini perusahaan cukup dikenal oleh masyarakat, namun pesan perusahaan tidak dapat tersampaikan oleh logo yang lama. Hal ini disebabkan karena lemahnya promosi dan corporate image yang kurang baik, sehingga perusahaan terlihat biasa saja dimata masyarakat atau konsumen. Walaupun demikian dari segi produk masih layak untuk diperhitungkan. Oleh karena itu perusahaan perlu dibuat perancangan strategi kreatif sebagai sarana untuk memperkenalkan identitas perusahaan yang baru, sehingga dapat dibedakan dengan kompetitor yang bergerak dibidang yang sama. Perancangan strategi kreatif yang baru dengan konsep bernuansakan rumahan membuat perusahaan terlihat simple dan elegant. Pada tahap ini perusahaan juga akan menyediakan berbagai macam buku dan satu buah gitar akustik untuk menambah daya tarik konsumen. Dengan perancangan Corporate Identity yang baru diarapkan perusahaan dapat dikenal dengan cepat oleh masyarakat atau konsumen.
Kata Kunci : Perancangan, Corporate Identity, Strategi Kreatif, Corporate Image
ABSTRACT
This research is titled "application corporate identity for promotion design for Palasari Coffee Frame In Bandung District ". The issues examined are how to design a creative strategy with a new logo or corporate identity, which has a home-based approach. Palasari Coffee Frame is located on Jl. Arcamanik Sindanglaya No. 47 Bandung Regency. Palasari Coffee Frame is a company engaged in the culinary (coffee shop). During this time the company is well known to the community, but the company's message cannot be conveyed by the old logo. This is due to the weak promotion and corporate image is not good, so the company looks ordinary in the eyes of people or consumers. However, in terms of product it is still worth to count.Therefore, the company needs to make creative strategy planning as a means to introduce new corporate identity, so it can be distinguished by competitors engaged in the same field. Designing a new creative strategy with the concept of home Bernuansakan make the company look simple and elegant. At this stage the company will also provide a wide range of books and one acoustic guitar to add to the appeal of consumers.With the newly established Corporate Identity Planning Company can be recognized quickly by the community or consumers.
Keywords : designing, Corporate Identity, creative strategy, Corporate Image
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Adi Kustrianto. (2009). PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938
Darmadi Durianto, Sugianto, Anton Wachidin Wijaya dan Hendrawan Supratikno. (2003). INVASI PASAR DENGAN IKLAN YANG EFEKTIF. Strategi, Program dan Teknik Pengukuran.
Edelman Trust Barometer. (2016). Kutipan (Global Report).
https://www. Edelma.com/research/2016-edelman-trust-barometer
Institut Seni Indonesia Yogyakarta. (2015). Fakultas Seni Rupa. E-jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual Perancangan Visual Corporate Identity PT.SYDECO.
http://docplayer.info/39662239-Perancangan-Visual-corporate-identity-pt-sydeco.html
Ir. Sri Naji Yati dan Ir. Danarti. (2004). BUDIDAYA KOPI dan PERANCANGAN PASCA PANEN.
KOMPASIANA, BeyondBlogging. Warung Kopi. https://www.kompasiana.com/www.radencahyoprabowo.blogspot.com/warung-kopi-sebagai-bentuk-komunikasi-lintas-budaya-masyarakat-indonesia
Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia. (2016). DESAIN KOMUNIKASI VISUAL dan DASAR-DASAR PANDUAN UNTUK PEMULA. http:/webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/96387
Morissan. M.A. (2010 :17). PERIKLANAN, PROMOSI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
Philip Kotler dan Gary Amstrong. (2014: jilid 1 dan 2). PRISNSIP-PRINSIP PEMASARAN
Prof. Dr. H. Buchari Alma. (2013 :179). MANAJEMEN dan PEMASARAN JASA
Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S.sos., M.si dan Rachmat Kriyantono, S.sos., M.si. (2014). TEKNIK PRAKTIS RISET KOMUNIKASI, Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Pemasaran
Puji Raharjo. (2012). PANDUAN BUDIDAYA KOPI dan PENGOLAHAN KOPI ARABIKA. https://books.google.co.id/books?id=DMJNCgAAQBA&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f
Rambat Lupiyoadi. (2013: 92). MANAJEMEN PEMASARAN JASA BERBASIS KOMPETENSI: SALEMBA EMPAT
Rustan Surianto. (2008: 12). LOGO
Rustan Surianto. (2009: 12 dan 16). http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938 Universitas Mataram. (Managemen Strategi dan bisnis). Fakultas Pertanian
Wirawan. (2008: 50). EVALUASI KINERJA SUMBERDAYA MANUSIA. Teori, Aplikasi dan Penelitian
Yasaburo Kuwayama via Surianto Rustan. (2009: 14). http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/5938