Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sandi Destian Pratama
Oki Adityawan
Ahmad Fathurrizky

Abstract





Kemasan merupakan hal penting untuk menghadapi persaingan bisnis kuliner pada zaman sekarang, selain kemasan harus memiliki fungsi melindungi produk dari berbagai resiko kerusakan, kemasan juga harus memiliki fungsi promosi karena kemasan menunjang penjualan produk dan kemasan juga sangat berpengaruh dalam menanamkan produk dibenak konsumen, sehingga menimbulkan daya tarik lebih kepada konsumen. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk merancang sebuah desain kemasan yang baru untuk produk tahu gejrot khas Cirebon untuk UKM Boga Rasa di kota Bandung dengan metode penelitian kualitatif deksriptif dengan tujuan untuk memenuhi kriteria kemasan yang baik yaitu memenuhi fungsi melindungi produk dan fungsi promosional, sehingga pada akhirnya produk dapat bersaing dengan kompetitor.










ABSTRACT


Packaging is an important thing to face the competition of culinary business today, besides packaging must have the function of protecting the product from various risks of damage, packaging must also have a promotional function because packaging supports product sales and packaging is also very influential in implanting products in the minds of consumers, causing power pull more to consumers. Therefore, a research was conducted to design a new packaging design for the Cirebon specialty tofu products for the Flavored UKM in the city of Bandung in accordance with good packaging criteria, namely fulfilling the function of protecting the product and promotional functions, so that ultimately the product can compete with competitors.





##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sandi Destian Pratama, Adityawan, O., & Ahmad Fathurrizky. (2023). Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Promosi Produk Kuliner Tradisional . Jurnal Kajian Pariwisata, 5(1). https://doi.org/10.51977/jiip.v5i1.1086

References

Adityawan, O. (2015). Visualisasi Kampanye Kesehatan Remaja Dalam Media Cetak. Jurnal Sketsa, 2(1).
Amarul, A., Sukirno, S., & Andari, A. (2018). Pemahaman pentingnya kemasan terhadap pelaku usaha berdasarkan rentang variasi lama usaha. Jurnal Mitra Manajemen, 2(6), 610–618.
Anggakarti, D. M., & Benyamin, M. F. (2021). Adaptasi Gambar Hias sebagai Gambar Latar pada Aplikasi Desain. VISUALIDEAS, 1(1), 3–7.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio e-kons, 10(1), 20–27.
Artanti, Y., & Pusparini, Y. (2011). Pengaruh faktor-faktor kemasan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pop mie di supermarket giant wiyung. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 3(2), 157–171.
Clara, C. (2021). pengaruh desain dan manfaat kemasan terhadap minat pembelian FMCG. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 19(1), 1–25.
Erlyana, Y. (2019). Pengaruh Desain Kemasan Produk Lokal Terhadap Minat Beli Menggunakan Model VIEW: Studi Kasus Keripik Maicih. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 302–308.
Fauziyah, W. N., & Julaeha, L. S. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 111–122.
Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan pengembangan kemasan produk bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 115–120.
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. Jurnal sosial humaniora (JSH), 8(2), 181–191.
Mulyati, S., Veronica, M., Ulum, M. B., & Hendarmin, R. (2023). Optimalisasi Pengembangan Kemasan dan Varian Produk Umkm Keripik Ubi di Desa Talang Nangka, Muara Enim. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(1), 109–118.
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3–4.
Nugroho, S., Ulkhaq, M. M., & Permadi, D. T. (2017). redesain kemasan makanan ringan olahan pada UMKM Center Jawa Tengah dengan metode Kansei Engineering. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 16(1).
Suardana, I. G. P., Ratnawati, T., & Kusmaningtyas, A. (2019). “Aksiologi Packaging” Perspektif Small Bisnis And Customer di Sidoarjo. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 10(02).
Triyadi, A. (2021). Desain Kemasan Bolu Susu Lembang Sebagai Upaya Meningkatkan Promosi Kuliner Bandung. Wacadesain, 2(1), 16–25.