STUDI LITERATUR PERAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP PERKEMBANGAN BUDAYA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Prisilia Dwioktafinia
Dasrun Hidayat

Abstract

Public relations sangat berpengaruh dalam perkembangan budaya organisasi, perusahaan dan masyarakat. Hal itu tidak lepas dari peran public relations sebagai media komunikasi yang dapat menjembatani nilai-nilai budaya yang diharapkan menjaga keutuhan bersama dan dipihak - pihak yang berkepentingan dalam organisasi, perusahaan dan masyarakat agar mencapai cita-cita bersama. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan metode studi literatur (pustaka) melalui observasi berbagai sumber informasi kepustakaan, termasuk buku, jurnal, artikel, data digital, dokumen, dan lainnya yang berkaitan dengan peran public relations terhadap perkembangan budaya. Hasil studi literatur (pustaka) dapat disimpulkan bahwa peran public relations dalam budaya organisasi, perusahaan dan masyarakat sangatlah banyak.  Peran public relations dalam organisasi berguna untuk menyelaraskan visi misi organisasi sehinga dapat mencapai cita-cita organisasi. Peran public relations dalam perusahaan membuat komunikasi internal perusahaan berjalan kondusif, sosialisasi budaya secara kontinu dan mempromosikan nilai-nilai perusahaan sehingga ritme kerja satu sama lain dalam perusahaan selaras. Dalam budaya masyarakat public relations berperan dalam pendekatan komunikasi terhadap etnis lokal dan kearifan lokal yang berlaku dalam suatu masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Adlini M N et. Al. 2022. Mtode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka, EduMaspul : Jurnal Pendidikan. Volume 6. No 1: 975.
Anggraini C dan Setyanto Y, 2019. Peranan Public relations dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana. Prologia. Volume 3. No 2: 409
Krisyatono R dan Sa’diyah H, 2018. Kearifan Lokal dan Stratefi Komunikasi Public relations di BUMN dan Perusahaan Swasta. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 15. Nomor 2: 173.
Lestari H dan Nurhjati L, 2019. Strategi Public relations Untuk Menciptakan Minat Pengunjung ke Galeri Indonesia kaya. Jurnal Lontar. Volumer 7. No 1 :10.
Mukrodi, 2023. Budaya Organisasi Membangun Fondasi Kesuksesan Bersama. PT Dewa Erlangga Internasional. Bekasi. Cetakan Pertama : 25-27.
Muslimah T, 2023. Strategi Komunikasi Lintas Budaya Konsultan Public relations Perusahaan Minyak dan Gas Bumi dalam Menghadapi Perbeedaan Budaya pada Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibililty. Jurnal Politikom Indonesia. Volume 8. No 1 : 74-75.
Natalia C dan Kusniadji S,2018. Kegiatan Public relations dalam Organisasi Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) untuk Melestarikan Budaya Minahasa. Koneksi. Volume 2. No 2: 254.
Novita D S., 2021. Pendekatan Komunikasi Antar Budaya pada Public relations Kompas Gramedia Dalam Membangun Komunikasi Empati. Communication. Volume 3. No 2: 109.
Oktaviani F, 2021. Aktifits Public relations Bank BJB dalam Menerapkan Budaya Perusahaan. Expose :Jurnal Ilmu Kimunikasi. Volume 4. No 2 : 156-157.
Siregar N M, 2020. Perna Public relations Dalam Pengembangan Budaya Organisasi. Himah. Volume 15. No 1 : 110-114.
Solihat A et.al. 2021. Strategi Promosi Melalui Public relations Kebudayaan Mapag Menak. Jurnal Kajian Pariwisata. Volume 3 No 1 April: 15-16
Stojanovik E T et.al., 2020. The Relationship Between Organization Culture and Public Realtion in Business Organizations. Journal of Business Economic and Management. Volume 21. No 6: 1629.
Sumarto, 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya : Aspel Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian dan Teknologi. Jurnal Literasiologi. Volume 1. No 2: 144-145.
Supada W, 2019. Efektifitas Human and Public relations Dalam Membangun Nilai Komunikasi Lintas Budaya. Maha Widya Duta. Volume 3. No 1: 96-98.
Susila E 2021. Memperkuat Budaya Perusahaan Melalui Ekssistensi dan Indepedensi Public relations (Studi di PT Indonesia Power UJP Banten II Labuan). Bureaucracy Journal: Indoneisa Journal of Law and Social-Political Governance. Volume 1. No 3; 171.
Yayu N et.al., 2019. Pendekatan Intercultural Communication pada Public Realtion PT Santos dalam Membangun Komunikasi Empati. Profesi Humas. Volume 4. No 1: 4-5.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>