Pengaruh Kalimat “Twitter Please Do Your Magic” Terhadap Sikap Pengguna Twitter

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Achmad Wildan Kurniawan
Zikri Fachrul Nurhadi
Heri Hendrawan
Raudya Putri Damayanti
Dasrun Hidayat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ramainya cuitan “Twitter Please Do Your Magic” di media sosial Twitter yang mampu mengundang ribuan komentar, retweet/like, dan bahkan dapat berakhir dengan menggerakkan massa secara nyata untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap sikap pengguna Twitter di kalangan mahasiswa perguruan tinggi di Garut yang meliputi aspek perubahan kognisi, afeksi, dan konasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas untuk meneliti hubungan antar variabel dan menguji hipotesis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa perguruan tinggi di Garut sebanyak 96 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling  dengan jenis purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap sikap pengguna Twitter adalah signifikan baik pada aspek kognisi, afeksi, dan konasi. Maka, besar pengaruh kalimat “Twitter Please Do Your Magic” terhadap perubahan kognisi sebesar 38,07%, afeksi sebesar 36,12%, dan konasi sebesar 20,8%. Kesimpulan, bahwa kalimat “Twitter Please Do Your Magic” berisi informasi yang menarik dan adanya kecenderungan penilaian responden yang sebagian besar menerima dan mempercayai informasi dari kalimat “Twitter Please Do Your Magic” tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kurniawan, A. W., Nurhadi, Z. F., Hendrawan, H., Putri Damayanti, R., & Hidayat, D. (2021). Pengaruh Kalimat “Twitter Please Do Your Magic” Terhadap Sikap Pengguna Twitter . Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(1), 8-23. https://doi.org/10.51977/jdigital.v3i1.501

References

BUKU:
Ardianto. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azwar, S. (2013). SIkap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Edukom, T. (2019). Pengenalan Internet. Tangerang: Loka Aksara.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, P. O. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.
Juju, D., & Studio, M. (2009). Twitter. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Krisyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2007). Analisis Korelasi, Degresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Razaq, & Ruly. (2001). Belajar Praktis Internet. Jakarta: Dinastindo.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Somad, R. (2014). Manajemen Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

ARTIKEL JURNAL:
Alabdullatif, A., Shahzad, B., & Alwagait, E. (2016). Classification of Arabic Twitter Users: A Study Based onUser Behaviour and Interests. Hindawi Publishing Corporation The Scientific World Journal, Volume 2016, Article ID 8315281, 1. doi:http://dx.doi.org/10.1155/2016/8315281
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 61. doi:https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kholisoh, N. (2018). Pengaruh Terpaan Informasi Vlog di Media terhadap Sikap Guru dan Dampaknya terhadap Persepsi Siswa. Jurnal ASPIKOM, 3, 1002-1014.
Li, P., Li, W., Wang, H., & Zhang, X. (2014). Modeling of Information Diffusion in Twitter-Like SocialNetworks under Information Overload. Hindawi Publishing Corporation The Scientific World Journal, Volume 2014, Article ID 914907, 1. doi:http://dx.doi.org/10.1155/2014/914907
Silwal, S. (2013). Using Social Media Data as Research Data. International Journal for Innovation Education and Research, Vol. 1 No.3 (2013), 50. Retrieved March 05, 2020, from https://www.ijier.net/index.php/ijier/article/view/114

SUMBER-SUMBER INTERNET:
Clinten, B. (2019, 10 30). Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesia Diklaim Terbanyak. Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-twitter-indonesia-diklaim-terbanyak
Dewi, M. S. (2019, 10 14). Viral Penipuan Twitter Do Your Magic, Ini Tipsnya Agar Kamu Gak Jadi Korban. Retrieved from Sindonews.com: https://gensindo.sindonews.com/berita/833/1/viral-penipuan-twitter-do-your-magic-ini-tipsnya-agar-kamu-gak-jadi-korban
Jayani, D. H. (2019, 5 23). Akses Dibatasi, Berapa Pengguna WhatsApp di Indonesia. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/23/akses-dibatasi-berapa-pengguna-whatsapp-di-indonesia
Junaidi (2010). Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana). Retrieved from Wordpress.com: https://junaidichaniago.files.wordpress.com/2010/05/tabel-r.pdf