Pengalaman Mahasiswa Saat Kelas Online Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Selama Covid-19
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pembelajaran online jarak jauh adalah solusi yang diperlukan oleh tenaga pendidik serta mahasiswa sebagai upaya menahan penyebaran pandemi Covid-19. Proses pembelajaran di alihkan dengan menggunakan Intenet. Salah satunya memakai aplikasi zoom cloud meeting sebagai media pembelajaran selama dirumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini yakni untuk memperoleh pemehaman informasi terhadap pengalaman komunikasi mahasiswa saat pembelajaran secara online menggunakan aplikasi zoom selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi untuk mendapatkan informasi terhadap pengalaman mahasiswa saat melakukan pembelajaran online menggunakan aplikasi zoom selama pandemi covid-19. Pengambilan data melalui wawancara online kepada mahasiswa Adhirajasa Reswara Sanjaya (ARS) University Kota Bandung. Peneliti menemukan pengalaman tentang kekuatan dan kelemahan belajar online menggunakan aplikasi zoom. Kekuatan belajar online menggunakan aplikasi zoom dapat mempertemukan banyak orang di dalam satu ruang aplikasi, serta mempermudah dan mempersingkat waktu pertemuan, keberadaan aplikasi tersebut pelajar sangat memudahkan dalam berkomunikasi walaupun jarak jauh. Mudah diakses melalui Handphone dan Personal Computer serta berubahnya peranan mahasiswa yang tadinya pasif menjadi aktif dan mandiri. Kelemahan kelas online menggunakan aplikaasi zoom hanya efesien sekitar 40 menit secara gratis, sinyal yang tidak stabil dan kurangnya sistem keamanan serta sistem pembelajaran lebih mengarah ke pelatihan dari pada ke pendidikan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Churton, M. W. (2006). Principles of E-Learning and on-Line Teaching the Process of Defining E-Learning. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(1).
Dabbagh, N., & Ritland, B. B. (2005). Online Learning, Concepts, Strategies And Application. Pearson: Ohio.
Glossary. (2001). LearnFrame.Com dalam Glossary of eLearning Terms.
Gt Walker, P., Whittaker, C., D. (2020). The Global Impact of COVID-19 and Strategies for Mitigation and Suppression. Imperial College COVID-19 Response Team.
Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fhatoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. 1(2), 61–70.
Hafiar, H. (2012). Cacat dan prestasi melalui pengalaman komunikasi atlet penyandang cacat (studi fenomenologi mengenai konstruksi makna kecacatan dan status sebagai atlet berprestasi melalui pengalaman komunikasi atlet penyandang cacat berprestasi di Bandung. 2, 308–309.
Hidayat, D., & Noeraida. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi Covid – 19. JIKE Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(1), 172–182. https://doi.org/10.32534/jike.v3i2.1017
Holmberg, B. (2008). The Evolution, Principles and Practices of Distance Education. Oldenburg.
Kadir, A. (2003). Konsep Dan TuntunanPraktis Basis Data (Andi, ed.). Yogyakarta.
Kuswarno, E. (2009). Metodologi Penelitian Komunikasi: Fenomenologi, Kosepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.
Permana, R. S. M., & Suzan, N. (2018). PENGALAMAN KOMUNIKASI DAN KONSTRUKSI MAKNA “OTAKU” BAGI PENGGEMAR BUDAYA JEPANG (OTAKU). Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VIII(1).
Rohmah, N. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Era. USA: Mcgraw Hill.
Schutz, A. dalam J. W. dkk. (1967). The Phenomenology of the Social World. Northon University Press.: Illinois.
Siyoto, Sandu, D., & Sodik, Ali, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.; Ayup, ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., D. (n.d.). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery., 2020. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034