PENGARUH PERSONAL SELLING MELALUI FITUR LIVE APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Malik Hidayatulloh
Nela Widiastuti

Abstract

Adanya perubahan oleh virus Covid-19 membuat para pedagang harus menyesuaikan kembali strategi jualannya kepada konsumen. Untuk menghadapi situasi ini, Tiktok mengeluarkan fitur baru yaitu Fitur Live, fitur ini merupakan peluang bagi para penjual untuk meningkatkan jualannya, Personal selling merupakan alternatif strategi komunikasi untuk menarik pembeli lewat presentasi pribadi, Penelitian ini menggunakan teori Elaboration likehood model. Elaboration likehood model merupakan teori komunikasi yang melibatkan 2 sudut pandang, yaitu sudut sentral dan periferal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pada Fitur Live dan Personal selling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

databooks.katadata.co.id. (2022a). TikTok, Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh pada 2021. 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/04/tiktok-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-pada-2021
databooks.katadata.co.id. (2022b). Tren Belanja Online di Kalangan Perempuan Naik Sejak Pandemi, Bagaimana Laki-laki?
Hasil Pengolahan Data Primer Peneliti. (2020). Hasil pengolahan data primer peneliti.
Kotler, & Amstrong. (2018). Personal Selling.
Kotler, & Keller. (2016). Keputusan pembelian.
Kurnia, I., & Ketut Martana, I. (2017). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Es Batu Pada PT. Agronesia Divisi Industri Es Saripetojo Bandung. In Jurnal Komunikasi (Vol. 2).
Petty, & Brinol. (2014). elaboration likehood model.
prakom.banjarmasin.go.id. (2020). live streaming. https://prakom.banjarmasinkota.go.id/2020/10/streaming-apa-itu-jenisnya-penerapannya.html
Statistikian.com. (2014). uji t dan uji f. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-f-dan-uji-t.html
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN PENDEKATAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.
Tiktok.com. (2022). fitur tiktok.
Tjiptono. (2014). Keputusan pembelian.
Wongkitrungrueng, A., Dehouche, N., & Assarut, N. (2020). Live streaming commerce from the sellers’ perspective: implications for online relationship marketing. Journal of Marketing Management, 36(5–6), 488–518. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1748895
Yasin, R. A. (2020). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Ma Bruschetta. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 5, Issue 5).
Yuniarti, N., Ismawati, A., Afifah, D., Aini, N., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2020). Pengaruh Promosi Online Melalui Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Usaha di Masa Pandemi Covid-19. https://katadata.co.id,