PERAN PEMIMPIN DALAM MENGELOLA BISNIS BERBASIS MEDIA DIGITAL TIKTOK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agus Nurdian Alfurtoni
Dasrun Hidayat

Abstract

Era saat ini, media digital membuat penggunanya dapat mempermudah segala urusan terutama dalam usaha hingga bisnis. Dalam bisnis berbasis media digital, tentu ada sosok pemimpin dalam bisnis yang sukses melalui media digital tersebut. Hal ini juga terjadi pada bisnis “Unique.” Bisnis ini memanfaatkan media digital TikTok sebagai media penjualan produk dengan akun “@unique_”. TikTok menjadi pilihan media yang sangat menguntungkan bagi bisnis tersebut, terutama bagi pemimpinnya atau owner-nya. Pemimpin memilih media digital TikTok dalam pemasaran produk karena pentingnya pemahaman dari pengembangan bisnis melalui media digital yang sangat banyak digunakan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin dalam membangun dan mengelola sebuah bisnis dengan memanfaatkan media digital TikTok dan aktif menggunakan TikTok live streaming untuk mengembangkan bisnisnya. Penelitian menggunakan studi kasus kualitatif.


Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi pada bisnis “Unique.” Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital TikTok sangat menguntungkan bagi bisnis “Unique” dengan pemanfaatan host live streaming. Selain itu, pemanfaatan media digital yang sukses bisa didapatkan melalui kinerja dan komunikasi yang baik antara pemimpin dan pegawai pada bisnis tersebut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Andika, A. R. (2020). Peran Pemilik Usaha Dalam Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Pendidikan Kewirausahaan Pada Pekerja di UD. Malang: Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Cahyo, R. R. (2020). Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Doremi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kholisoh, N., & Mahmudah, S. M. (2013). Peran Media Online Dalam Pengembangan Bisnis Melaui Internet Marketing B2B Marketplace. 389–408.
Kosanke, R. M. (2019). Pelaksanaan Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Pada Cv. Fauzan Network Interactive Di Tangerang
Mahmudah, D. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Dalam Organisasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 19(2). Retrieved from https://doi.org/10.31445/jskm.2015.190210
Marditama, T. (2020). Pengaruh Jiwa Kepemimpinan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Bandung: Universitas Kebangsaan Republik Indonesia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2019). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (4th ed.). New York: SAGE Publications.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online di Era Globalisasi. Development Journal of Community Engagement, 1(2), 127-143. Retrieved from https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329
Purhantara, W. (2010). Kepemimpinan Bisnis Indonesia di Era Pasar Bebas. Yogyakarta: STIE Mitra Indonesia.
Rahmawati, M., Zaenudin, P. A., & Emilisa, N. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Relationship Focused CEO Leadership dan Inclusive Leadership dengan Symmetrical Internal Communication Terhadap Scouting Karyawan. 2(2), 227–238.
Safuan, S. (2018). Studi Literatur Kepemimpinan Wirausaha Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 1(2), 171–181. Retrieved from https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.17
Saputro, R. R. (2020). Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2106). Manajemen Sumber Daya Manusia (8th ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>