Pembuatan Kue Pukis Sawi Khas Bangka Belitung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zartian Ade Silfana
Willma Fauzia

Abstract

Bangka Belitung merupakan salah satu Provinsi Kepulauan yang ada di Indonesia. Sumber penghasilan mayoritas masyarakat di Bangka Belitung adalah hasil tambang dan perkebunan. Namun, harga jual hasil tambang dan perkebunan yang tidak stabil menjadi kekhawatiran bagi masyarakat setempat. Agar tidak bergantung pada dua sektor tersebut, masyarakat perlu dibekali dengan keterampilan membuat suatu produk yang dapat untuk dijual. Salah satunya adalah dengan keterampilan membuat kue pukis sawi khas Bangka Belitung. Kue pukis merupakan kue yang berasal dari daerah Banyumas Jawa Tengah. Kue pukis pada umumnya memiliki warna kuning pada bagian atas dan berwarna coklat pada bagian bawahnya. Kue pukis memiliki tingkat tekstur yang lembut dan empuk. Bentuk dari kue pukis sangatlah khas. Pada umumnya cita rasa dari kue pukis adalah manis. Pengetahuan akan bahan-bahan dan proses pembuatan merupakan tahapan awal dalam membuat kue pukis sawi khas Bangka Belitung. Sawi adalah bahan tambahan yang digunakan untuk menghasilkan kue pukis dengan rasa dan karakteristik yang berbeda sehingga diharapkan dapat menarik setiap kalangan untuk mencoba rasa dari kue pukis sawi khas Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif. warna yang dihasilkan hijau muda, ada perpaduan aroma santan dan sawi yang khas, tekstur lebih berpori pada bagian dalam dan rasa yang lebih kesat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ade Silfana, Z., & Fauzia, W. (2020). Pembuatan Kue Pukis Sawi Khas Bangka Belitung. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(2), 72-75. https://doi.org/10.51977/jiip.v2i2.411

References

Alifah, S., Nurfida, A., & Hermawan, A. (2019). TINGGI DI DESA SUKAMANIS KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI. Journal of Empowerment Community, 1(2), 52–58.
N. Holidya, D. K. (2019). e-Journal Tata Boga Volume 8 No . 3 ( 2019 ) Edisi Yudisium Ketiga 2019 , Halaman 439-447 PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNGB MOCAF O ( MODIFIEDOCASSAVAOFLOUR ) KDAN PENAMBAHANP PUREE DAUNGKELOR ( Moringa oleifera ) TERHADAPHSIFATM ORGANOLEPTIK KUE PUKIS Nafsia H. 8(3), 439–447.
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru Di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.bpc.2013.02.004