Peranan Pastry Section dalam Menjaga Kualitas Produk Pastry di Best Western Premier La Grande Hotel Bandung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gita Desmafianti
Willma Fauzzia

Abstract

Pastry Section merupakan bagian dari kitchen yang bertugas menyediakan dan membuat makanan penutup, kue, roti dan lain-lain. Kualitas suatu produk merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahan termasuk hotel, itu semua tergantung pada peranan seorang yang mengolah suatu produk. Menjaga kualitas produk adalah mempertahankan standar suatu produk berupa barang atau jasa dengan tujuan tetap memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diambil dan dikumpulkan melalui wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan hasil pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa Pastry Section di Best Western Premier La Grande Hotel Bandung memiliki peranan sebagai penyedia dan pengolah produk pastry dimulai dari persiapan, pengolahan produk hingga hasil akhir. Upaya yang dilakukan melalui pemahaman karyawan, memilih bahan produk, penyediaan barang, standar kebersihan alat, penyimpanan bahan, standar resep, suhu ruangan, dan lokasi. Kualitas produk sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu, dari segi penampilan yang menarik dengan rasa yang seimbang.


Kata Kunci: Pastry Section, Peranan, Menjaga Kualitas Produk

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Desmafianti, G., & Willma Fauzzia. (2021). Peranan Pastry Section dalam Menjaga Kualitas Produk Pastry di Best Western Premier La Grande Hotel Bandung . Jurnal Kajian Pariwisata, 3(2), 43-52. https://doi.org/10.51977/jiip.v3i2.628

References

Arianti, M. S. (2016). Analisis Quality Control untuk Menjaga Kualitas Produk Tempe pada Usaha Home Industri Tempe Bapak Joko Purwanto di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda. Administrasi Bisnis, 4(4), 1016–1030. http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id
Arifin, F. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rawis Saudia Ansania [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/921
Haerunisa. (2017). Peran Guru Pendidikan Agama Islma Dalam Pembinaan Moral Siswa (Studi di SMP Negeri 1 Pontang Kabupaten Serang) [Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten]. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1952
Hasanah, W. U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kecenderungan Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Di Jogja Paradise Food Court [Universitas Negeri Yogyakarta untuk]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65836
Pratiwi, P. (2012). Penanganan Bahan Baku Pastry Dan Bakery Dalam Upaya Mempertahankan Standar Kualitas DI Hotel J.W Marriott Medan [Universitas Sumatera Utara]. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/33837
Putri, E. D. H. (2016). Pengantar Akomodasi Dan Restoran (1st ed.). Deepublish.
Putri, E. D. H. (2017). Buku Bahan Ajar Pastry and Bakery (1st ed.). Deepublish.
Putri, E. D. H., & Mayasari, C. U. (2020). Operational Patisserie (1st ed.). Graha Ilmu.
Risman. (2020). Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Bandar Lampung [Universitas Islma Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11648
Ryandi, A., & Oda. (2014). Standar Peralatan Pastry and Bakery Section Di Hotel Grand Royal Panghegar Bandung. Pariwisata, I(2), 105–113. https://doi.org/10.31294/par.v1i2.
Sulastiyono, A. (2016). Manajemen Penyelenggaran Hotel (8th ed.). Alfabeta.
Sumolang, M. (2013). Peranan Internet Terhadap Generasi Muda Di Desa Tounelet Kecamatan Langowan Barat. Acta Diurna Komunikasi, II(4), 16. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/300
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. In I. B. A. L. Manuaba (Ed.), NilaCakra Publishing House, Bandung (1st ed.). Nilacakra. yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif
Taylor, S. J., & Bogdan, R. (1984). Introduction to qualitative research methods: the search for meanings (2nd ed.). John Wiley & Sons.
Wicaksono, A. (2020). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Section Banquet Di Best Western Papilio Hotel Surabaya [Universitas Airlangga]. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99919