GAMBARAN TINGKAT KEBAHAGIAAN PADA LANSIA YANG TINGGAL DI KOMUNITAS
Keywords:
Elderly, Happiness, Oxford Happiness Questionnaire, Indwelling-CommunityAbstract
Pendahuluan: Lanjut usia (lansia) pada umumnya memiliki tanda-tanda terjadinya penurunan fungsi-fungsi biologis, psikologis, sosial dan ekonomi. Penurunan tersebut dapat mempengaruhi keadaan psikologis seperti munculnya perasaan bahagia atau tidak bahagia. Menjalani masa lansia dengan bahagia menjadi keinginan bagi setiap lansia. Menciptakan kebahagiaan secara psikologis yaitu ketika mendapat dukungan sosial yang akan membuat lansia merasa nyaman, melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengikuti posbindu, senam untuk para lansia sehingga tidak memunculkan berbagai gangguan dan mencapai kebahagiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kebahagiaan pada lansia yang tinggal di komunitas. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 151 responden. Penelitian menggunakan kuesioner Oxford Happiness Questionnaire (OHQ). Analisis yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil: Berdasarkan hasil analisa diperoleh data 83 responden (55%) merasa bahagia dan 68 responden (45%) merasa tidak bahagia. Simpulan: Lansia yang tinggal di komunitas merasa lebih bahagia. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena lansia tinggal bersama dengan keluarga besar dan aktivitas sosial yang masih dapat dilakukan oleh para lansia. Diharapkan hasil penelitian ini agar dapat digunakan sebagai dasar pengembangan intervensi dalam memelihara serta meningkatkan kebahagiaan lansia yang tinggal di komunitas.
Kata Kunci: Lansia, Oxford Happiness Questionnaire , Tingkat Kebahagiaan
Introduction: Generally, the elderly has signs of a decline in biological, psychological, social and economic functions. These conditions can affect psychological states such as happy or unhappy feelings. Happiness in end stage of life is the desirable of every elder people. Social support influences psychological happiness of the elderly that will make them feel comfortable in doing daily activities such as attending POSBINDU, or even exercise for the elderly. Happiness causes elderlies have not complaints, and achieve happiness. The study aims to describe the level of happiness of the elderly in the community. Methods: This study applied a descriptive method using a cross sectional approach. There are 151 elderlies participated in this study. The study was conducted door to door. Happiness level was assessed using the Oxford Happiness Questionnaire (OHQ). The analysis used is univariate analysis. Results: There were 83 respondents (55.0%) feel happy and 68 respondents (45.0%) feel unhappy. Conclusion: The elderly indwelling-community feel happier. Probably, it is because the elderly live together with extended families and social activities can still be done by the elderly. Accordingly, creating interventions in maintaining and increasing the happiness of the elderly indwelling-community are recommended.
Keywords: Elderly; Happiness; Indwelling-Community; Oxford Happiness Questionnaire
References
Aflili, Herid Apner, J.A.F Kalangi, and Walangitan Olivia. 2017. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah.”
Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) terhadap Impulsive Buying Product Matahari Plaza Medan Fair. Jurnal Quanomic, 3(2), 18.
Arianty, N. (2016). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2).
Darna, and Dita Pramudya Wardani. 2013. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan Kpr Platinum Ib Pada Bank X Syariah Cabang Harmoni - Jakarta.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 12(1): 1–10.
Dipayanti, Kris. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(1): 30–49.
Gustina, Ihdina, and Vivian. 2019. “Pengaruh Personal Selling Dan Word Of Mouth Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Stie Eka Prasetya.” 5: 60–67.
Imansyah, Noor, Emy Rahmawaty, and Maryono. 2015. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Simpeda Pada Bank Kalsel Unit Gambut.” Jurnal Bisnis dan Pembangunan 4(1).
Ketut, Desak, Yunita Kusmayani, Anjuman Zukhri, and Luh Indrayani. 2014. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Di Queneno Group Singaraja Tahun 2014.” 4(1).
Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2008. Prinsip prinsip pemasaran. Edisi ke 12 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Armstrong, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lipursari, Anastasia. 2019. “Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan.” Peran Sistem Informasi Manajemen (Sim) Dalam Pengambilan Keputusan 53(9): 1689–99.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz, M. U., & Machoedz, M. (2015). Kewirausahaan: Metode, Mana-jemen, dan Implementasi Edisi Kedua. Cetakan I, Yogyakarta: BPFE.
Novianti, Windi, And Reza Pazzila Hakim. 2015. “No Title.” Harga Saham Yang Dipengaruhi Oleh Profitabilitas Dan Struktur Aktiva Dalam Sektor Telekomunikasi: 19–32.
Prasetiyo, Budi, And Yunta Rismawati. 2018. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota.” 2(2): 57–65.
Putri, Syafira Arifah. 2017. “Pengaruh Promosi Penjualan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Xtra Cimb Niaga Di Surabaya.”
Santosa, Alvendo Teguh. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Store Atmosphere , Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian ( Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House Of Mozaru Paris Van.” 18: 143–58.
Swastha, Basu. 2012. Manajemen Penjualan. Ed.3, Yogyakarta : BPFE - Yogyakarta.
Widjaja, Yani Restiani, and Dhea Indriani. 2020. “Store Atmosphere Dan Promosi Sebagai Dampak Terhadap Keputusan Pembelian.” 2(2): 1–10.
Willy, Goh dan Julitawaty. 2020. “Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri.” Jurnal Bisnis Kolega 6(1): 43–56.
Yuliyana, Wulan, Yunika Komalasari, Haryuda Kasyamba, and Heni Rohaeni. 2020. “Analisis Citra Merek , Harga , Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di PT Arista Group Bandung.” 2(2): 12–19.