GAMBARAN POLA ASUH ORANGTUA PADA ANAK PRASEKOLAH
Keywords:
Perkembangan Anak, Pola Asuh, Usia Pra SekolahAbstract
Pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan anak sehingga peran ini dapat menentukkan bagaimana perkembangan anak berjalan baik atau tidak. Dalam perkembangan terdapat tahapan yang harus dilalui anak untuk menuju dewasa. Periode penting dalam perkembangan anak adalah pada masa balita, termasuk masa anak pra sekolah. Masa pra sekolah merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara cermat agar dapat terdeteksi apabila terjadi kelainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan anak pra sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RA Binaul Ummah Kuningan. Sampel penelitian digunakan sebanyak 30 orang dengan teknik Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dalam penelitian ini analisa univariat yang digunakan untuk mengetahui karakteristik responden diantaranya usia, pendidikan, pekerjaan dan lama interaksi responden dengan anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan anak prasekolah sebagian besar responden memiliki perkembangan anak normal sebanyak 23 orang (76,7%) dengan pola asuh demokratis sebanyak 18 orang (60%), permisif 5 orang (16,7%) dan otoriter 7 orang (23,3%).
References
Dedi Iskamto, Risman, dan A. Al. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Jurnal Riau Ekonomi and Business Reviewe, 9(3).
Kusumo, P. A., & Sofyan, S. (2016). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Menggunakan Metode Ipa (Importance-Performance Analysis) Pada Ahass 01108 Anugrah Jaya Semarang. Diponegoro Journal of Management, 5, 93–106.
Noer, L. R. (2016). Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Magister Manajemen Teknologi ITS Surabaya dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Research and Technologies, 2(1), 35–43. https://core.ac.uk/download/pdf/228914806.pdf
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Cipta.
Suroso, & Suherman, dan E. (2019). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Lembaga Keuangan Mikro (Studi Anggota BMT Mardhatillah Berkah). J u r n a l M a n a j e m e n & B i s n i s K r e a t i F, 4(2), 24–35. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i2.527
Winarno, H., & Absor, T. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Pt. Media Purna Engineering. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(2), 146–160. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i2.15