HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DIRSUD SEKARWANGI KABUPATEN SUKABUMI

  • Muhammad Idzharrusman SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUKABUMI
  • Johan Budhiana Lincoln University Collage Malaysia
Keywords: Dukungan Keluarga, Kualitas Hidup, Gagal Ginjal Kronik

Abstract

Abstrak

Gagal Ginjal Kronik merupakan penyakit dimana ginjal perlahan mulai tidak dapat melakukan fungsinya dalam waktu lebih dari tiga bulan. Yang akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hidup. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien GGK adalah dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik diruang hemodialisa RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi. Dukungan keluarga merupakan sikap, tindakan dan penerimaan keluarga terhadap keluarga yang sakit ataupun keluarga yang sehat. kualitas hidup merupakan persepsi individu dalam kemampuan, keterbatasan, gejala serta sifat psikososial hidupnya dalam konteks budaya dan sistem nilai untuk menjalankan peran dan fungsinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi adalah sekumpulan orang yang ditetapkan peneliti untuk ditarik kesimpulannya dengan sampel sebanyak 67 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis hipotesis menggunakan Korelasi Phi. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar memiliki dukungan keluarga buruk dan sebagian besar memiliki kualitas hidup baik. Hasil uji korelasi phi didapatkan P-value 0.024 yang berarti H0 ditolak, sehingga ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik. Di harapkan RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi bisa mempertahankan dan bisa lebih baik lagi dalam memotivasi atau menginformasikan terkait pentingnya dukungan keluarga melalui pendidikan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisara, S., Azmi, S., & Yanni, M. (2018). Gambaran Klinis Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 42–50

Ali, A. R. B., Masi, G. N. M., & Kallo, V. (2017). Perbandingan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Comorbid Faktor Diabetes Melitus Dan Hipertensi Di Ruangan Hemodialisa RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-Jurnal Keperawatan (e-Kp).

Armiyati, Y., Wuryanto, E., & Sukraeny, N. (2016). Manajemen Masalah Psikososiospiritual Pasien Chronic Kidney Disease (Ckd) Dengan Hemodialisis Dikota Semarang. Rakernas Aipkema.

Astuti, P., Ghofar, A., & Suwandi, E. W. (2017). Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Pembatasan Cairan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dengan Hemodialisa. Jurnal EDUNursing, 89–99.

Carolina, P., & Aziz, Z. A. (2019). Dukungan Keluarga Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Pasien Dengan Gagal Ginjal Kronik Di RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya.Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(1).

Dewi, R., Arsyi, D. N., La Ede, A. R., & Budhiana, J. (2021, December). Factors Affecting Quality Of Life For People With Diabetes Mellitus In The Working Area Of The Selabatu Health Center Sukabumi City. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERPROFESSIONAL HEALTH COLLABORATION AND COMMUNITY EMPOWERMENT (Vol. 3, No. 1, pp. 111-118).

Helda, I., Hamzah, & Yuliani, B. (2020). Support Sistem Keluarga Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUD Ulin Banjarmasin 2020. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, 5(1), 69.

Indonesia Renal Registry. (2018). Laporan Indonesia Renal Registry.

Kemenkes. (2018). Penyakit Tidak Menular. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http//www.kemkes.go.id

Kemenkes. (2019). Manajemen Penyakit TidakMenular. [email protected].

Krisnayanti. (2020). Hubungan lama hemodialisa dengan kejadian prioritas pada pasien gagal ginjal kronik. Poltekes Denpasar, 1–6.

Kusniawati. (2018). Hubungan Kepatuhan Menjalani Hemodialisis Dan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa

Mahayundhari, N. P. E. (2018). Hubungan Adekuasi Hemodialisis Dan Status Gizi Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa Di RSUP Sanglah Denpasar. Skripsi.

Mailani, F., & Andriani, R. F. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal Endurance, 3, 2. Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jurnal Medikes, 5(2).

Rustandi, H., Tranado, H., & Pransasti, T. (2018a). faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pasien chronic kidney disease (ckd) yang menjalani hemodialisa di ruang hemodialisa. Jurnal Keperawatan Silampari (JKS), 33–46.

Sekarwangi, R. S. (2019). Profil UPTD RSUD Sekarwangi Tahun 2019. sekarwangi.sukabumikab.go.id

Situmorang, H. E. (2015). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Terapi Hemodialisa Di RSUD Dok II Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2).

Wiratri, A. (2018). Menilik Ulang Arti Keluarga Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 15– 26.

Published
2022-04-30
How to Cite
Idzharrusman, M., & Budhiana, J. (2022). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DIRSUD SEKARWANGI KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 61-69. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/768